Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017

Penulis

  • Linggua Sanjaya Usop FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.946

Kata Kunci:

Strategi, Media gambar, Menulis puisi

Abstrak

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah
rendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII-Semester II SMPN 2
Palangka Raya. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran menulis puisi
yang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII-F
mengalami kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu,
diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang
menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut
digunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yang
terdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswa
kelas VIII Semester II SMPN 2 Palangka Raya. Penelitian ini
dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku
ke arah yang positif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-02-26

Cara Mengutip

Linggua Sanjaya Usop. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN, 18(1), 23–31. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.946