Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini

Authors

  • Sophia Oktavia Balimulia FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.951

Keywords:

Metode bercerita, Kedisiplinan

Abstract

Penanaman perilaku disiplin pada anak usia dini salah satunya
dapat melalui metode bercerita, karena dalam cerita terdapat pesan cerita
yang dapat membantu anak mengenal dan belajar melakukan perilaku
disiplin yang ingin dibentuk pada anak.
Penelitian ini dilakukan di TK Duhung Palangkaraya dengan
populasi sejumlah 34 orang anak yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok
1 adalah anak kelompok B 1 sebagai kelompok control dengan jumlah anak
sebanyak 17 orang dan anak kelompok B2 yang berjumlah 17 orang sebagai
kelompok eksperimen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen. Pola dari rancangan kegiatan penelitian
dengan True Experimental Design menggunakan bentuk control group pretest-
post-test Sebelum data dianalisis maka terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji One Sample
Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji Homogenitas
One Way Anova. Perhitungan data dibantu dengan perhitungan jenis SPSS
versi 17. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metode bercerita
yang diberikan, memberi pengaruh pada kedisiplinan anak usia dini yaitu
anak kelompok B2 TK Duhung Palangkaraya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Sophia Oktavia Balimulia. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 18(1), 56–69. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.951