PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATERI TEKNIK PENGELASAN SAMBUNGAN “T”

Authors

  • Jeki Susanto
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.1191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi metode pembelajaran demonstrasi pada Materi Teknik Pengelasan Sambungan “T” yang diterapkan di kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Banama Tingang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Banama Tingang sejumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Instumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang disiapkan dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil pre-test, siswa memiliki nilai rata-rata 57,93. Penelitian dilakukan selama 4 kali pertemuan pembelajaran. Pertemuan pertama nilai aktivitas siswa 75, pertemuan kedua nilai aktivitas siswa 83, pertemuan ketiga nilai aktivitas siswa 87,50 dan pertemuan keempat 93. Hasil respon siswa terhadap metode pembelajaran demonstrasi sebanyak 90% siswa sangat setuju pada penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada materi Teknik Pengelasan Sambungan “T”. Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi diperoleh skor tertinggi 83 dan nilai terendah 75 dengan rata-rata 80,81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Teknik Pengelasan Sambungan “T”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, S. & Wiyogo. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Metal Inert Gas Di SMK Negeri 1 Palangka Raya. STEAM Engineering Journal of Science, Technology, Education and Mechanical Engiinering. 2 (1), 56 - 64.

Darajat, Zakiah. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Rianto, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode Demonstrasi Pada Materi Gambar Teknik Di Kelas X TSM SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Skripsi Sarjana Pendidikan, tidak diterbitkan, Universitas Palangka Raya.

Sardi, A. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Alat Ukur Mekanis (Mikrometer Luar) Siswa Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Palangka Raya. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Palangka Raya.

Sumantri, Mulyani. (2001). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-03-05