PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MESIN FRAIS

Authors

  • Rendra Tri Andany FKIP
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1475

Keywords:

Model Pembelajaran, STAD, Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mesin frais. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental dengan bentuk posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling yaitu sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi dipilih sebagai anggota sampel. Jumlah sampel adalah 58 orang yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Uji statistik menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 3,6 > 2,003, dengan demikian H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran, Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

http://eprints.ums.ac.id/38498/5/BAB%20I.pdf

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Rendra Tri Andany, & Wiyogo. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MESIN FRAIS. Steam Engineering, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1475