PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DENGAN METODE PROJECT WORK COLLABORATIVE UNTUK SISWA SMK NEGERI KLAKAH LUMAJANG

Authors

  • Muhamad Jamil

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1664

Keywords:

Pembelajaran praktik, keterampilan kerja, metode inovatif

Abstract

Pelajaran praktik disajikan agar para siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan kerja. Namun dalam kenyataannya hasil belajar praktik siswa masih rendah. Penerapan metode pengajaran praktik yang lebih inovatif perlu dilakukan, dan salah satu metode pengajaran praktik yang inovatif yaitu metode tugas proyek collaborative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar praktik melalui penerapan metode project work collaborative pada mata pelajaran praktik perawatan dan perbaikan mesin otomotif siswa SMK Negeri Klakah Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan objek penelitian adalah siswa SMK Negeri Klakah kelas XII TKR-2 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 30 siswa. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari:  perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis ketuntasan belajar yaitu siswa dikatakan tuntas secara klasikal bila 85% dari seluruh pengikut tes sudah menguasai 80% dari materi yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran project work collaborative berhasil diterapkan dengan baik dalam pembelajaran produktif. Persentase ketuntasan belajar pada metode pembelajaran konvensional adalah 60%, sedangkan pada metode pembelajaran project work collaborative di siklus I, ketuntasan belajar siswa lebih tinggi yaitu 76,67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (1984). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Lie, Slavin 17 Oktober 2010. Pembelajaran Kooperatif. (online) (www:// Google.ac.id. Diakses 18 Agustus 2011)

Middlecamp, C. dan Kean, E. (1984). PanduanBelajarKimiaDasar. Jakarta: PT. Gramedia

Ngadimin. (2002). Efektivitas Pengajaran Kimia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournaments (TGT) Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas II Cawu 3 SMU MTA (Sekolah Menengah Umum Majlis Tafsir Al Qur an). Surakarta: UNS Press.

Nuryani, Sri. (2006). Implementasi Pembelajaran Konstruktivis untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Malang. Malang: Proposal PTK

Sudjana. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukardi, Sunardi & Lukas Sampe. (2015). Hubungan Penguasaan Teori Dengan Keterampilan Merangkai Kelistrikan Otomotif. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 38, No. 1, hal. 65-76

Supriadi. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menyiapkan Media Tanam Polybag Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Tekung Melalui Pendekatan CTL. Makalah disampaikan pada workshop Penelitian Tindakan Kelas di SMK I Lumajang. Agustus 2011

Sutirjo. (2008). Menulis PTK Senikmat Minum Teh. Malang: UM Press

Syahrial. (2010). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif JIGSAW Mata Pelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa diKelas X-TIC SMK Negeri I Manggar Tahun Pelajaran 2009/2010. Manggar: Laporan PTK

Winkel. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Jamil, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DENGAN METODE PROJECT WORK COLLABORATIVE UNTUK SISWA SMK NEGERI KLAKAH LUMAJANG. Steam Engineering, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1664