PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING PADA MATERI MENGEVALUASI KERJA BATERAI SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK KARSA MULYA

Authors

  • Fernando Siahaan 82351636430
  • Harie Satiyadi Jaya
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.1853

Keywords:

model pembelajaran, probing prompting, mengevaluasi kerja baterai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada materi mengevaluasi kerja baterai menggunakan aplikasi Zoom di Kelas X A Teknik Kendaraan Ringan SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun ajaran 2019/2020. Model pembelajaran ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel untuk penelitian ini 37 orang kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK karsa Mulya Palangka Raya. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pre-test dan post-test, respon siswa menggunakan kuesioner, sedangkan untuk memperoleh data aktivitas guru dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan dengan siswa berjumlah 37 orang sebagai responden yang menjawab angket dilihat siswa yang melaksanakan pre test tuntas sebanyak 5 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 32 orang, dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 6,67. Siswa yang melaksanakan post test tuntas sebanyak 27 orang dan yang tidak tuntas 10 orang, hasil akhir dengan nilai tertinggi 93,00, nilai terendah 56,67 dilihat siswa yang lulus ada 31 orang dengan nilai tertinggi 80,23 dan yang tidak lulus 6 orang dengan nilai terendah 64,70.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2008). Model- model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya, Wina. (2011). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Predana Media.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003. Diunduh pada tanggal 12 Agustus 2016, dari https://kelembagaan,ristekdikti.go.id/wpcontent/uplpads/2006/08/UU_ no_20_th_2003.pdf.

Downloads

Published

2021-09-18

How to Cite

Siahaan, F., Harie Satiyadi Jaya, & Wiyogo. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING PADA MATERI MENGEVALUASI KERJA BATERAI SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK KARSA MULYA. Steam Engineering, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.1853