PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Bambang Harry Adi Kumoro universitas palangka raya
  • Debora
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.1876

Keywords:

: Model tutor sebaya (Peer Teaching), sistem bahan bakar bensin konvensional.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya Dasar Pada Kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriktip dengan pendekatan kuantitatif bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bentuk tes berupa soal pilihan ganda.Berdasarkan data dan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pembelajaran produktif menggunakan model tutor sebaya (peer teaching) pada materi sistem bahan bakar bensin konvensional, dapat disimpulkan bahwa Ketuntasan belajar siswa pada materi sistem bahan bakar dengan model pembelajaran tutor sebaya memperoleh hasil Ketuntasan individu Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara individu diperoleh 36  siswaatau90% siswa yang tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa atau 10%.Secara klasikal pembelajaran dengan model tutor sebaya (peer teaching) pada kegiatan pembelajaran produktif dikatakan tuntas karena diperoleh 90% siswa tuntas.Tujuan pembelajaran khusus (TPK) kognitif yang tuntas sebanyak 25 TPK atau (62,5%), dan yang tidak tuntas sebanyak 15 TPK atau (37,5%). Respon siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model tutor sebaya, menyatakan terhadap materi pembelajaran yang disampaikan: 75% dan siswa yang tidak menjawab bermanfaat 25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rienka Cipta.

Asep Jihad & Abdul Haris. Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Multi pressindo. 2008.

Arikunto, Suharsimi (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Askara.

Evans, Rupert. (1978), Tujuan Pendidikan. Bandung: Pustaka Insan Mandani.

huda, A.Q. penerapan model pembelajaran coperative learning tipe peer tutoring (tutor sebaya) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kompetensi dasar Hidrosfer siswa kelas VII SMPN 07 kota semarang Tahun ajaran 2008/2009. Skripsi semarang: FIS UNNES, 2009.

isjoni (2010). Coperative learning pembelajaran kelompok, Bandung : Alfabeta.

Mukminan, (2004). Pedoman Khusus Pembelajaran Tuntas, jakarta :Depdiknas.

Moloeng, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda.

Muntasir. Penerapan metode tutor sebaya dalam mengoptimalkan pembelajaran, http://smkswadayatmg. Wordpress.2007.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Nasution, (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: bumi aksara.

Oemar, Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono (2011:306). Penelitian kualitatif. Bandung :Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (1988:64). Kelebihan Metode Tutor Sebaya. : PT Bumi Askara.

Downloads

Published

2021-09-18