PERBANDINGAN HASIL PENYULINGAN PLASTIK TIPE HDPE DAN LDPE DENGAN ALAT PENYULINGAN SEDERHANA

Authors

  • Wijaya Universitas Palangka Raya
  • Harie Satiyadi Jaya
  • Wiyogo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.3030

Keywords:

Analisis, Penyulingan, Plastik, Bahan Ajar, Polimer

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan alat penyulingan sederhana limbah plastik tipe HDPE dan plastik tipe LDPE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah limbah plastik tipe HDPE dan plastik tipe LDPE masing-masing seberat 7,5 kg sebagai bahan baku penyulingan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif. Data penelitian diperoleh dari analisis penggunaan alat penyulingan sederhana, yakni pada saat proses perubahan plastik menjadi minyak dan perbandingan hasil minyak dari penyulingan limbah plastik tipe HDPE dan LDPE. Proses penyulingan dalam penelitian ini menunjukkan proses perubahan wujud plastik dari padat ke gas lalu ke cair. Volume minyak hasil penyulingan dari sampah plastik tipe HDPE (High Density Polyethylene) diperoleh sebanyak 798 mL dari sampah plastik tipe HDPE sebanyak 7,5 kg dengan variasi berat yang berbeda saat pembakaran dan dilakukan. Dan un tuk  plastik tipe LDPE (Low Density Polyethylene) diperoleh minyak hasil penyulingan sebanyak  1856 ml.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jenna, R. Jambeck. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. University of Georgia.

Nurhayati, N. (2013). Penerapan Prinsip 3R dalam Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Bantul. Universitas Atmajaya Jogyakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Sofuroh, F.U (2019, Oktober 24). Pemerintah Targetkan Sampah Plastik di Laut Berkurang 70% pada 2025 [Halaman Web]. Diakses dari Pemerintah Targetkan Sampah Plastik di Laut Berkurang 70% pada 2025 (detik.com)

Undang-Undang No. 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Downloads

Published

2021-09-18