EVALUASI PRAKTIK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN I FKIP UPR DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.3900Keywords:
evaluasi, korelasi, Model CIPPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan PLP I di masa pandemi COVID-19 dan hasil yang dicapai berupa pengetahuan akan kultur, manajemen dan dinamika sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan Model CIPP dengan pendekatan kuantitatif-asosiatif. Teknik analisa data berupa pengujian instrumen penelitian dan uji hipotesis. Hasil Uji Validitas instrumen menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid yang ditunjukkan dengan nilai rhitung > rtabel pada tingkat signifikansi 5%. Koefisien korelasi setiap variabel bebas terhadap variabel terikat lebih besar dari 0,599 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. Pada analisis regresi berganda diperoleh semua koefisien regresi bernilai positif yang berarti memiliki kontribusi positif terhadap variabel terikat. Hasil Uji t, yang digunakan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikatnya, memberikan hasil bahwa variabel konteks dan proses berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi variabel 0,00 < 0,050 dan nilai thitung > ttabel. Variabel masukan tidak berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi variabel 0,252 > 0,050 dan nilai thitung < ttabel . Pada Uji F diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (54,913 > 2,72) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan ada hubungan antara pelaksanaan PLP 1 di masa pandemi COVID-19 dan hasil yang dicapai.