PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATERI PENGELASAN PELAT
DOI:
https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.411Keywords:
Model Pembelajaran Explicit Instrution, Pengelasan PelatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran explicit instruction pada materi Pengelasan Pelat siswa kelas XI Teknik Pengelasan, SMK Negeri 1 Banama Tingang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pengelasan, SMK Negeri 1 Banama Tingang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 88% siswa dengan kriteria baik. Model pembelajaran explicit instruction terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil posttest, 16 siswa memenuhi nilai minimum 70, dengan rerata nilai posttest adalah 78,5. Dibandingkan dengan hasil pretest, hanya 43% (7 siswa) dari 16 siswa yang memenuhi nilai minimum, dengan rerata nilai 59,1.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit Instruction: Effective and Efficient Teaching. New York: Guilford Press.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
. (1986). Metode Research. Jakarta : PT. Rineka.
Uno, H.B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel. WS. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara