Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pengukuran di Kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Authors

  • Nur Halimatunnisaa Universitas Palangka Raya
  • Saulim DT Hutahaean Universitas Palangka Raya
  • Enny Wijayanti Universitas Palangka Raya

Keywords:

model pembelajaran langsung, hasil belajar, pengukuran, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui ketrampilan siswa melakukan pengukuran dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan Desain One Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-B SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 207/2018 dengan siswa berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan Ketrampilan Siswa Melakukan Pengukuran dan Tes Hasil Belajar (THB) kognitif. Hasil analisis data menunjukkan hasil keterampilan siswa melakukan pengukuran dari 24 siswa yang mengikuti 15 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas. Hasil belajar ranah kognitif setelah pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi pengukuran dari 24 siswa yang mengikuti diperoleh 17 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Secara klasikal pembelajaran tidak tuntas karena hanya diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 70.83 % dari standar yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar  75 %. TPK yang digunakan dalam penelitian berjumlah 26 TPK diperoleh 18 (69,23%) TPK tuntas dan 8 (30,77%) TPK tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Halimatunnisaa, N., Hutahaean, S. D., & Wijayanti, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pengukuran di Kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 41–44. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i2a3

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>