IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWAH AL-QUR'AN DI MADRASARAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhammad Taghab Ali Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Sumarnie FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2475

Keywords:

Implementasi, Ekstrakurikuler, Tilawah Al-Qur'an, MIN 1, Kota Palangka Raya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari: Kepala Sekolah, Koordinator Ekstrakurkuler dan Pembina Ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif data. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Perencanaan ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an dilakukan kepala sekolah melibatkan banyak pihak untuk membahas terkait perencanaan ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an untuk satu semester kedepan dengan pembentukan Tim, penentuan koordinator, pembina, sarana dan prasarana, waktu pelaksanaan, pendanaan, perekrutan peserta Tilawah; (2) Pengorganisasian ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an dilakukan dengan membuat SK pengangkatan koordinator dan pembina oleh kepala sekolah; (3) Pelaksanaan ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an dilakukan di musholla yang telah tersedia sarana yang lengkap dengan jadwal hari selasa dan kamis pada jam 13.30 sampai dengan jam 14.30 WIB, dan (4) Pengawasan ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an dilakukan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. 

Abstract: This study aims to describe the implementation of extracurricular activities of recitation of the Qur'an in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palangka Raya City. This study used a qualitative approach with case study design. Sources of data in this study consisted of: the principal, the extracurricular coordinator and the extracurricular coach. Data collection techniques using observation, interview and documentation study methods. Data analysis using an interactive data model. The data validation used triangulation technique. The results of this study indicate: (1) The principal's planning for extracurricular recitation of the Qur'an involves many parties to discuss extracurricular planning for the recitation of the Qur'an for the next semester by forming a team, determining the coordinator, supervisor, facilities and infrastructure, implementation time, funding, recruitment of recitation participants; (2) Organizing extracurricular recitation of Al-Qur'an is done by making a decree for the appointment of a coordinator and supervisor by the school principal; (3) Implementation of extracurricular recitation of the Qur'an is carried out in a prayer room which has complete facilities with a schedule on Tuesday and Thursday from 13.30 to 14.30 WIB, and (4) Supervision of extracurricular recitation of the Al-Qur'an is carried out by the head school and vice principal of student affairs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidik & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ishak, M. (2017). Pelaksanaan Program Tilawah Alquran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa di MAS Al Ma’sum Stabat. Jurnal Edu Religia, 1(4): 602-617.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Malayu, S. P. H. (2014). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B. M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum: Membangun Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Riduwan. (2013). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rouf, A. A. (2004). Tarbiyah Syakhsiyah Qur'aniyah (Membangun Kepribadian Qur'ani). Jakarta: Markaz Al Qur'an.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siagian, S. P. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.

Terry, G. R. (1993). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utomo, S. B. (1986). Ilmu Sosial Dasar. Bogor: Universitas Pakuan.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Ali, M. T., Winaryo, S., & Sumarnie. (2021). IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWAH AL-QUR’AN DI MADRASARAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(1), 54–59. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2475