STUDI TINGKAT KINERJA PEGAWAI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Devi Avita Sari FKIP, Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia
  • Piter Joko Nugroho FKIP, Universitas Palangka Raya, Palangka Raya Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8387

Keywords:

Kinerja Pegawai, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Provinsi Kalimantan Tengah.

Abstract

This study aims to determine the level of performance of employees of the Central Kalimantan Province Library and Archives Service, seen from the dimensions: (1) Service Orientation, (2) Integrity, (3) Commitment, (4) Discipline, and (5) Cooperation. The type of research used is descriptive quantitative. The population in this study were employees at the Central Kalimantan Province Library and Archives Service, totaling 18 people with Echelon III and IV status, where all populations were samples (total sample). The data collection technique is a questionnaire / questionnaire. The results showed that in general the performance level of employees at the Central Kalimantan Province Library and Archives Service was in the "Fair enough" category. The results of this study answered and strengthened the phenomena that the researchers found in the initial study, where in reality the high or low results of employee performance appraisals based on PKP did not necessarily reflect the actual conditions in the field. Discipline of employees (librarians) is still a real problem that must be immediately addressed by the Central Kalimantan Province Library and Archives Service in an effort to improve the quality of service for users.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, I., & Yusnaini. (2022). Profesionalisme Tenaga Kepustakaan dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(2), 464-478. doi: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v12i2.14783

Bahrun. K. (2009). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah 2021. Data Pengunjung Perpustakaan Tahun 2019-2021.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irwan, H. (2003). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Ele Media Komputindo.

Jasfar, F. (2012). Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Sukses Keberhasilan Bisnis Jasa: SDM, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Salemba Empat.

Lasa, H. S. (2009). Kamus Kepustakawan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Lestari, S. (2015). Antologi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: PSII UIN Sunan Kalijaga.

Marguna, A. M. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. JUPITER, 13(1), 29-38.

Miftah, M. (2016). Optimalisasi Kinerja Pustakawan dalam Meningkatkan Visitasi Pemustaka. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 4(2), 315-332.

Munawaroh, I. S. (2013). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan terhadap Tingkat Kedisiplinan Karyawan di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Skripsi tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Diterima dari https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8322/2/ BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

Nurlia. (2020). Strategi Pelayanan dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal, 1(2), 17-30. doi: https://doi.org/10.33080/mrj.v1i2.9

Pane, A. N. Y. (2021). Pengaruh Displin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan. Skripsi tidak Dipublikasikan. Medan: FEB Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS.

Putra, A. S. (2017). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau. Tugas Akhir Program Magister tidak Dipublikasikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Diterima dari http://repository.ut.ac.id/ 7626/1/43103.pdf.

Reni, S. (2022). Motivasi Pemimpin dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pegawai Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Agung Timur. Skripsi tidak Dipublikasikan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. Diterima dari: http://repository.radenintan.ac.id.

Risparyanto, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Pustakawan terhadap Loyalitas Pemustaka dengan Variabel Intervening Kepuasan Pemustaka. Jurnal Perpustakaan, 8(1), 51-64.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rivalina, R., & Anwas, O. M. (2013). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan. Jurnal Teknodik, 17(2), 226-237. doi: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.81

Sari, M. P., Sulistiowati., & Lemantara, J. (2014). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan. Jurnal JSIKA, 3(1), 116-125.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Susanty, L. A., Soelton, M., Wahyudiono, B., Abadi, Y. B., Hatmo, B. (2019). Membentu Kinerja Karyawan dengan Meminimalkan Perilaku Mengeluh Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 5(2), 266-288. doi: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v5i2.6843

Sutarno, N. S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Valentine, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Mahasiswa Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi tidak Dipublikasikan. Batusangkar: IAIN Batusangkar. Diterima dari https://repo.iainbatusangkar.ac.id.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Sari, D. A., Winaryo, S., & Nugroho, P. J. (2023). STUDI TINGKAT KINERJA PEGAWAI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Equity In Education Journal, 5(1), 23–29. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8387

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3