APLIKASI DAFTAR INVENTARIS RUANGAN PADA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i3.19184Keywords:
DIR, Prototyping, System Usability Scale, QR CodeAbstract
Daftar inventaris ruangan adalah katalog yang mencatat semua barang dan peralatan dalam suatu ruangan, digunakan untuk manajemen dan pemantauan aset. Saat ini, Universitas Palangka Raya masih menggunakan Microsoft Excel untuk pengelolaan inventaris, yang memiliki kemungkinan untuk hilang. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan suatu sistem yang dapat mengelola data inventaris ruangan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun Aplikasi Daftar Inventaris Ruangan pada Universitas Palangka Raya. Aturan mengenai masa manfaat barang terdapat pada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 266/KM.6/2023 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 295/KM.6/2019 Tentang Tabel Masa Manfaat dalam Rangka Penyusutan Barang Milik Negara Berupa Aset Tetap Pada Entitas Pemerintah Pusat.
Analisis bisnis proses sistem lama dan baru digambarkan menggunakan Flowchart. Desain alur data sistem menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Metode Pengembangan aplikasi Daftar Inventaris Ruangan ini menggunakan metode Prototyping dengan metode System Usability Scale (SUS) untuk menguji kegunaan aplikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Aplikasi Daftar Inventaris Ruangan yang memiliki berbagai halaman untuk admin dan operator. Selain itu juga terdapat qr code pada detail barang yang berisi informasi mengenai barang tersebut. Hasil pengujian sistem mendapatkan hasil rata-rata skor, yaitu 78 dengan kategori Good (baik).