Pengembangan Website Edukasi dan Deteksi Stress Dini pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i4.20944Keywords:
Stres Mahasiswa, Deteksi Dini, Edukasi Kesehatan Mental, Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42), WebsiteAbstract
Mahasiswa merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akibat tuntutan akademis, tekanan sosial, dan perubahan gaya hidup. Deteksi dini terhadap stres diperlukan untuk mengidentifikasi gejala awal dan mencegah dampak buruk terhadap kesehatan mental. Laporan ini memaparkan pengembangan sebuah website berbasis teknologi modern yang bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus mendeteksi stres dini pada mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem menggunakan Figma dan Draw.io, implementasi dengan Visual Studio Code, Node.js, serta Bootstrap, dan pengujian menggunakan metode Blackbox Testing. Untuk mengukur tingkat stres, digunakan metode Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42). Website ini dirancang memiliki fitur utama seperti deteksi stres, edukasi kesehatan mental, serta komunitas interaktif yang memungkinkan pengguna berbagi cerita.
Hasil pengembangan menunjukkan bahwa website ini dapat membantu mahasiswa mengenali tingkat stres dan menyediakan informasi untuk mengelola stres dengan lebih baik. Diharapkan, website ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya kesehatan mental dan menjadi langkah awal dalam pencegahan gangguan mental yang lebih serius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.