Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Sundari Universitas Palangka Raya
  • Solikhah Nurwati Universitas Palangka Raya
  • Jonfrid Siae Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.5400

Keywords:

Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas

Abstract

Tujuan, - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Likuditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Desain/Methodologi/Pendekatan -  Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (Causal-Comparative Research). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini digunakan metode purposive sampling pada 10 perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan metode statistik menggunakan program SPSS.

Temuan penelitian - Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel likuiditas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Orsinalitas/nilai – Kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperbanyak jumlah sampel, menggunakan periode yang lebih panjang dan menambah variabel-variabel bebas yang dapat mempengaruhi profitabilitas, sehingga dapat menunjukkan kondisi perusahaan yang sesungguhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Sundari, Solikhah Nurwati, & Jonfrid Siae. (2023). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(3), 193–201. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.5400