Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Guru SMA Negeri 4 Palangka Raya)

Authors

  • Erliana Krisentia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Palangka Raya
  • Trecy Anden Universitas Palangka Raya
  • Olivia Winda Ony Panjaitan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.8144

Keywords:

Work-Life Balance, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja

Abstract

Sumber Daya Manusia guru yang berkualitas akan meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara empiris tentang pengaruh work-life balance terhadap kepuasan kerja dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi pada Guru SMA Negeri 4 Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini pada guru SMA Negeri 4 palangka raya. Pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 48 guru yang sudah menikah. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS), software yang digunakan versi 3.3.9. Hasil peneltian menunjukkan bahwa Work-Life Balance (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y) dengan nilai Original Sample Estimate arah positif 0,471 dan t-statistic 5,769 dan setelah di interaksi dengan variabel Motivasi Kerja (M) ada hubungan antara Work-Life Balance (X) terhadap Kepuasan Kerja (Y) dengan nilai Original Sample Estimate arah positif 0,334 dan t-statistic 3,534. Artinya bahwa motivasi kerja mampu memoderasi atau memperkuat hubungan pengaruh work-life balance terhadap kepuasan kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Erliana Krisentia, Anden, T., & Panjaitan, O. W. O. (2023). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Guru SMA Negeri 4 Palangka Raya). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(3), 165–175. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.8144