HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v1i2.3019Keywords:
Pembelajaran Berbasis Perpustakaan Sekolah, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan hubungan pembelajaran berbasis perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Palangka Raya, seberapa besar kontribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki hubungan yang positif atau tidak. Penelitian ini bersifat desktiptif analistis dengan populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X di SMK Negeri 4 Palangka Raya.
Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran berbasis perpustakaan dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpualn data melalui angket dan dokumentasi yang diolah untuk diambil kesimpulan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis perpustakaan sekolah (X) ada hubungan yang positif terhadap variabel prestasi belajar (Y). Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis kolerasi product moment sebesar 0,427 dibandingkan dengan rtabel tingkat signifikan 5% N = 97 sebesar 0,202. Jadi rhitung lebih besar dari rtabel, maka dapat ditarik bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.