PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SWISHMAX TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Rismayanti Rismayanti Universitas Palangka Raya
  • Isna Fauziah Universitas Palangka Raya
  • Winda Lestiani Universitas Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Swishmax terhadap hasil belajar IPA. Seberapa besar konstribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020, terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 343 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling.

Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas adalah pengaruh penggunaan aplikasi swishmax dan variabel terikat hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi yang diolah untuk diambil kesimpulan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi swishmax berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,294. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 57 dan taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 1,67203. Karena thitung> ttabel, maka Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Aplikasi Swishmax terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12