PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023
Fitha Astalia 1), Hendriyono LM 2), Winda Lestiani 3)
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v3i1.7689Abstract
ABSTRAK
Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa yang mana bisa berasal dari dalam atau intrinsik dan dari luar atau esktrinsik. Untuk mendapatkan bukti empiris dalam pengaruh media sosial tik tok terhadap motivasi belajar, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI Multimedia 3 dan XI Tata Busana SMK Negeri 4 Palangka Raya yang berjumlah 44 siswa. Data didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner/angket kepada 44 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh antara media sosial tik tok terhadap motivasi belajar di SMK Negeri 4 Palangka Raya tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut di buktikan dari hasil perhitungan data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil thitung > ttabel (3,004 > 2,015) dengan signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Kemudian berdasarkan nilai rhitung > rtabel (0,421 > 0,297). (2) Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,177, yang artinya variabel media sosial Tik Tok (X) memiliki kontribusi terhadap variabel motivasi belajar (Y) sebesar 17,7%, akan tetapi tingkat pengaruhnya sangat lemah. Sedangkan sisanya sebesar 82,3% terdapat di faktor lain atau variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar selain dengan media sosial Tik Tok.
Kata Kunci : Media Sosial Tik Tok, Motivasi Belajar