PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.13387Abstract
Pemanfaatan sumber belajar dapat melengkapi, memelihara dan memperkaya pengetahuan, selain itu sumber belajar juga dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar baik bagi pendidik maupun bagi peserta didik. Komponen yang termasuk sumber belajar adalah pemanfaatan sdm sebagai sumber belajar, yaitu tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar seperti pemanfaatan media sekitar seperti internet, jurnal elektronik, komputer, dan lcd proyektor, pemanfaatan bahan tertulis seperti buku teks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa program studi yang masih berkuliah di semester Ganjil 2023/2024. Dengan menggunakan angket untuk memperoleh data, dan teknik analisis data menggunakan uji persentase. Dari hasil penelitian, berdasarkan indicator yang digunakan, dapat disimpulkan bahwa secara umum, pemanfaatan jurnal elektronik sebagai sumber belajar mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan sudah mencapai hasil yang baik, dengan perolehan persentase sebesar 82,7%.