PENGARUH MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMAN 2 DUSUN SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v1i1.2152Keywords:
Media Videoscribe, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 59 orang siswa, pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data mengunakan Uji Regresi Lanier Sederhana. Hasil analisis uji regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana 42.231 + 0.518 X dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siknifikan antara media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6.905 untuk variabel media videoscribe dan variabel hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Nilai ini dikonsultasikan dengan nilai ttabel N = 59 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2.001 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Karena thitung lebih besar dari ttabel, maka hal ini berarti hipotesis nihil Ho dengan bunyi “Tidak terdapat pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan” ditolak.