PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Novita Sari Vita Universitas Palangkaraya
  • Hendriyono LM Universitas Palangka Raya
  • Winda Lestiani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i2.4542

Keywords:

Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

ABSTRAK

 Pembelajaran penemuan (discovery learning) merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis, sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap dan keteramplan sebagai wujud adanya perubahan perilaku (Suhana, 2014).

Dalam pembelajaran guided discovery ini siswa melakukan percobaan dengan mengamati fenomena-fenomena yang berhubungan dengan materi yang terjadi disekitar mereka serta mengumpulkan informasi dari hasil pengatan tersebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru dalam upaya menemukan konsep-konsep berdasarkan data yang diperoleh dan membandingkannya dengan teori yang terdapat dalam modul atau buku pelajaran.Penelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Palangka Raya Pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data mengunakan Uji Regresi Lanier Sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1 dan VII-3 yang berjumlah 63 orang.

Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Palangka Raya Pada Tahun Pelajaran 2021/2022, yang ditunjukkan thitung sebesar 5.588 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 1.998.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-14

Most read articles by the same author(s)