HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Marina Esther Joitha marina Universitas Palangka Raya
  • Winda Lestiani Universitas Palangka Raya
  • Isna Fauziah Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i2.4541

Keywords:

Kata Kunci : Proses Pembelajaran Online Pada Masa Pandemik Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Proses Pembelajaran Online Pada Masa Pandemik Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI Busana 1 dan XI Busana SMK Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 64 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji korelasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variable Y (proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 dan hasil belajar peserta didik) dari hasil analisis korelasi memberikan hasil rhitung sebesar 0.452 > dari rtabel sebesar 0,242, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Palangka Raya.

Adapun besaran sumbangan yang diberikan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 20.4%, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 20.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-14

Most read articles by the same author(s)