PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI SATAP 1 SAMPIT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI SATAP 1 SAMPIT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Winda Lestiani Universitas Palangka Raya
  • Isna Fauziah Universitas Palangka Raya
  • Ari Setiawan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i1.4077

Abstract

Model pembelajaran artikulasi adalah model pembelajaran dengan
sintaks: penyampaian kompetensi, sajian materi, bentuk kelompok berpasangan
sebangku, salah satu siswa menyampaikan materi yang baru diterima kepada
pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan hasil diskusinya, guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan. Ciri dari model pembelajaran ini
adalah seperti pesan berantai yaitu materi yang sudah disampaikan siswa wajib
menyampaikan materi tersebut kepada teman siswa satu kelompoknya,
kelompoknya dibuat berpasang-pasangan tidak boleh lebih dari dua orang,
semua siswa memiliki peran ganda yaitu sebagai penyampai pesan dan
penerima pesan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 53 orang siswa yang terdiri dari 4
kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang terdiri dari
20 item pertanyaan serta 4 alternatif jawaban yaitu “Selalu”, “Sering”,
“Kadang-kadang”, dan “Tidak Pernah”. Teknik analisis data menggunakan
Rumus Persentase.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Most read articles by the same author(s)