PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR SAAT PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Maria Tumaris Anggraeny Marpaung Universitas Palangka Raya
  • Nani Setiawati Universitas Palangka Raya
  • Ima Pinensi Br Tarigan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i1.4083

Abstract

Pandemi Covid-19 sudah merubah tatanan hidup hampir keseluruhan penduduk yang ada di dunia dan di semua aspek kehidupan yang mempengaruhi kehidupan orang banyak termasuk Pendidikan. Akibat dari pandemik Covid-19 yang melanda sehingga pembelajaran tidak berjalan optimal karena peserta didik harus mengikuti di rumah. Pembelajaran yang dilakukan di rumah, kesusahan yang sangat besar yang dihadapkan untuk guru merupakan dikala melaksanakan tata cara belajar di rumah serta kelengkapan fasilitas prasarana ataupun fasilitas belajar peserta didik di rumah. yang turut memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas belajar saat pembelajaran daring terhadap prestasi belajar peserta didik SMK Karsa Mulya Palangka Raya pada tahun pelajaran 2021/2022.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Multimedia A dengan jumlah 36 orang dan peserta didik kelas Kelas X Multimedia B dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar saat pembelajaran daring terhadap prestasi belajar peserta didik SMK Karsa Mulya Palangka Raya pada tahun pelajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,638, koefisien regresi (b) sebesar 0,294, dan nilai signifikansi sebesar 0,001 karena koefisien regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikan (p) < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa semakin lengkap ketersediaan fasilitas belajar saat pembelajaran daring maka semakin tinggi prestasi belajar peserta didik SMK Karsa Mulya Palangka Raya pada tahun pelajaran 2021/2022.

 

 

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28