HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Hema Wati Universitas Palangka Raya
  • Nani Setiawati Universitas Palangka Raya
  • Beta Centauri Universitas Palangka Raya

Keywords:

Bimbingan Belajar Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisiskorelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah 220 orang siswa dan diambil sampel sebanyak 65 orang siswa dengan teknik pengampilan sampel clusterrandom sampling.

Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Setelah data normal dan linear kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment.

Hasil perhitungan korelasi product moment tersebut diperoleh besarnya r hitung = 0.545,  sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 65 adalah sebesar 0,240. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0.545 >0,240) Jadi dari hasil yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021” diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021” ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12