PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KRISTEN PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Beta Centauri Universitas Palangka Raya
  • Orbit Thomas Universitas Palangka Raya
  • Yopie Nataniel Universitas Palangka Raya

Keywords:

Komunikasi Persuasif, Konsentrasi Belajar

Abstract

Pelaksanaan komunikasi persuasif saat proses pembelajaran merupakan salah satu cara yang sebaiknya dilakukan oleh para guru. Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang, baik secara verbal maupun nonverbal. Teknik komunikasi ini bersifat mengajak atau mendorong siswa agar mengikuti, memperhatikan serta memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga dapat menimbulkan kesadaran dalam diri masing-masing siswa akan begitu pentingnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif terhadap konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 4,528. Sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 50, maka diperoleh ttabel sebesar 2,012. Kemudian variabel  komunikasi  persuasif  memiliki  tingkat signifikansi/probabilitas 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan. Jadi diperoleh nilai thitung > ttable yaitu 4,528 > 2,012 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh komunikasi persuasif terhadap  konsentrasi  belajar siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12