PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TEAMS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PULANG PISAU KABUPATEN PULANG PISAU PADA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TEAMS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PULANG PISAU KABUPATEN PULANG PISAU PADA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Beta Centauri Universitas Palangka Raya
  • Orbit Thomas Universitas Palangka Raya
  • Sefty Riani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i1.4075

Abstract

Perubahan proses pembelajaran daring yang secara tiba-tiba akibat
pandemik Covid-19 menyebabkan guru, siswa dan orang tua harus siap
dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran.
Guru harus cepat tanggap terhadap penggunaan teknologi dan internet
sebagai sarana penunjang pembelajaran daring. Ada begitu banyak media
pembelajaran online yang telah digunakan oleh guru SMK Negeri Kahayan
Hilir Kabupaten Pulang Pisau dalam menyampaikan pesan pembelajaran
(materi ajar) kepada siswanya salah satunya adalah Aplikasi Teams. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi
Teams dalam pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa SMK
Negeri 1 Pulang Pisau Kabupaten Pulang Pisau semester ganjil pada tahun
ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1
Pulang Pisau Kabupaten Pulang Pisau tahun ajaran 2021/2022 sedangkan
sampel penelitiannya adalah siswa Kelas XI-B Jurusan Keuangan dan
Lembaga dan Kelas XI-A Jurusan Multimedia dengan jumlah keseluruhan
sebanyak 57 siswa. Data didapatkan dari angket dan nilai UTS. Teknik
analisis data menggunakan uji regresi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan aplikasi Teams dalam
pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Pulang
Pisau Kabupaten Pulang Pisau pada tahun ajaran 2021/2022. Dengan nilai
thitung > ttabel (3,672 > 2,005) dengan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Adapun besar pengaruh penggunaan aplikasi Teams dalam pembelajaran
jarak jauh terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Pulang Pisau
Kabupaten Pulang Pisau pada tahun ajaran 2021/2022, yaitu dilihat dari nilai
koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,197 menunjukkan bahwa
penggunaan aplikasi Teams dalam pembelajaran jarak jauh memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-28

Most read articles by the same author(s)