PENGARUH APLIKASI BRAINLY TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023
PENGARUH APLIKASI BRAINLY TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i2.7679Keywords:
Brainly Application, Interest in LearningAbstract
Seiring berkembangnya jaman, buku tidak lagi menjadi salah satu sumber dan media belajar. Tetapi dengan kecanggihan teknologi tersebut peserta didik juga bisa mengakses aplikasi atau media web pembelajaran seperti media web atau aplikasi Brainly. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Aplikasi Brainly Terhadap Minat Belajar Kelas XI SMK Negeri 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Aplikasi Brainly Terhadap Minat Belajar Kelas XI SMK Negeri 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan pemaparan tesebut, maka penulis merasa sangat tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Aplikasi Brainly Terhadap Minat Belajar Kelas XI SMKN 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023”
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI Multimedia 1 dengan jumlah 31 orang, XI Multimedia 2 dengan jumlah 31 orang dan XI Multimedia 3 dengan jumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data uji regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh antara aplikasi brainly terhadap minat belajar di SMK Negeri 4 Palangkaraya tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan data yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh hasil thitung > ttabel (2,935>1,987) dengan signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Kemudian berdasarkan nilai rhitung > rtabel diperoleh sebesar (0,303 > 0,210). (2) Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar sebesar 9,2% yang tingkat pengaruhnya sangat lemah terhadap minat belajar. Sedangkan sisanya sebesar 90,8% (100-9,2%) terdapat di faktor lain atau varibel lain yang mempengaruhi minat belajar selain dari aplikasi brainly.