Efektivitas Layanan Informasi Terhadap Pemilihan Karir Dalam Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang (SMA/SMK)
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i2.10952Kata Kunci:
layanan informasi, pemilihan karirAbstrak
Berdasarkan survey awal, pemberian layanan informasi terhadap siswa menjadi rujukan siswa memiliki pemahaman tentang karir yang terkesan masih rendah, diperkirakan karena rendahnya keinginan dan kemauan siswa terhadap sekolah lanjutan serta rendahnya informasi tentang bakat minat dalam pemilihan sekolah lanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap efektifitas layanan informasi terhadap pemilihan karir dalam melanjutkan pendidikan kejenjang SMA/SMK. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan The One Group Pretest-Posttest. Pemilihan subjek penelitian menggunakan cluster sampling dan yang terpilih menjadi sampel adalah kelas IX 1 dijadikan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen berjumlah 48 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data analisis menggunakan Uji-T One Sample dengan program SPSS 20. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan informasi terhadap pemilihan karir yaitu motivasi, intelegensi, bakat dan minat siswa. Hal ini terlihat dari kelompok ekperimen pada pretest dan posttest dengan signifikannya 0.000 atau probabilitas dibawah alpha (0,000 < 0.05) yaitu dengan kenaikan skor pada subjek penelitian dari rata-rata skor 32,9% menjadi 35,78%. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan informasi ini efektif dalam melanjutkan pemilihan karir kejenjang SMA/SMK. Penelitian ini menunjukkan pentingnya melaksanakan layanan informasi di sekolah oleh guru BK.
Unduhan
Referensi
Haq, A. H. B., & Farida, R. (2019). Orientasi Karir pada Siswa SMP: PIlihan Jurusan dan gambaran pekerjaan di masa depan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(1), 7–14.
Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan bimbingan karier untuk siswa smp kelas ix. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 151–157.
Nufus, A. (2017). Faktor penentu pemilihan karir siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 326–336.
Peilouw, F. J., & Nursalim, M. (2013). Hubungan antara pengambilan keputusan dengan kematangan emosi dan self-efficacy pada remaja. Journal Penelitian Psikologi.
Prayitno, P. (2017). Konseling profesional yang berhasil: Layanan dan kegiatan pendukung. Jakarta: Rajawali Press.
Putri, R. M. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Karir dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XII IPA DI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 7–18.
Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss.
Tohirin, B. (2009). Konseling di sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41–53.
Zamroni, D. P. D. (2016). Kultur Sekolah. Gavin Kalam Utama. Yogyakarta, Hal, 189.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ratih, Sri Wahyuni Adiningtyas, Wilda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.