Implementasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan Karier dengan Media Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.22186Kata Kunci:
bimbingan dan konseling, bimbingan karir, mind mappingAbstrak
Perencanaan karier merupakan aspek penting dalam pendidikan, terutama bagi siswa sekolah menengah yang berada pada tahap eksplorasi masa depan. Kurangnya pemahaman terhadap potensi diri, minat, dan informasi dunia kerja sering menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan arah karier, yang berdampak pada pemilihan pendidikan yang tidak tepat dan risiko kegagalan karier. Penelitian ini bertujuan menelaah efektivitas penggunaan metode mind mapping dalam layanan bimbingan karier. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai literatur terkait penerapan mind mapping dalam konteks pendidikan dan konseling. Hasil kajian menunjukkan bahwa mind mapping mampu meningkatkan keterampilan perencanaan karier siswa, membantu mereka fokus dalam merumuskan tujuan masa depan, serta mempermudah guru BK menyampaikan layanan secara kreatif dan terstruktur. Teknik ini mendukung proses berpikir visual dan reflektif, mendorong siswa menyusun peta karier secara mandiri dan bermakna. Kesimpulannya, mind mapping merupakan media efektif dalam layanan bimbingan karier. Sebagai saran, metode ini perlu diintegrasikan secara sistematis ke dalam program bimbingan karier di sekolah, dengan dukungan pelatihan bagi guru BK agar dapat mengimplementasikannya secara optimal.
Referensi
Adnan, M. N., & Bhakti, C. P. (2025). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mereduksi Kecemasan Karier Yang Dihadapi Siswa Di Era Digital. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 363–373.
Aprillia, L., & Muslimah, S. R. (2024). Optimalisasi bimbingan karir dalam menemukan minat dan bakat bagi siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(1), 21–40.
Buzan, T. (2024). Mind map mastery: The complete guide to learning and using the most powerful thinking tool in the universe. Jaico Publishing House.
Handayani, A. (2023). Penggunaan Mind Mapping Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Padamata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts. Saadatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Institut PTIQ Jakarta.
Handayani, F., Handoyo, A. W., & Wibowo, B. Y. (2024). Efektivitas Teknik Mind Mapping Dalam Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Ciruas. Diversity Guidance and Counseling Journal, 2(3), 17–32.
Hardiyanti, S. (2017). Penerapan layanan penguasaan konten melalui media mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x man kisaran tahun ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hasan, M. S., Rozaq, A., & Saifullah, R. (2024). Peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran akidah akhlak melalui model pembelajaran kooperatif mind mapping. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 237–251.
Hendry, H., & Manongga, D. H. F. (2024). Analisis Konten Berbasis Grounded Theory. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.
Hidayat, R., Afandi, A., Siregar, M., & Mujiatun, S. (2024). Peran Filsafat Ilmu Dalam Meningkatkan Kualitas Penelitian Manajemen: Pendekatan Epistemologi, Ontologi, Dan Aksiologi. Jurnal Lentera Bisnis, 13(3), 2155–2171.
Jayantika, I. G. A. N. T., & Viani, J. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA 3 Di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 36–44.
Maryani, R. (2018). Program bimbingan karir dalam meningkatkan rencana keputusan karir siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 2(1), 45–62.
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27–38.
Nasution, F., Adella, M., Walidaini, I., Harahap, M., & Marselina, L. (2024). Pendidikan remaja dalam perspektif psikologi pendidikan dan peran guru bimbingan konseling. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 39–47.
Pradipta, A. R., Marlina, E., & Muslimah, S. R. (2025). Bimbingan Karir dalam Bimbingan Konseling Islam untuk Perencanaan Karir Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 13(1), 1–20.
Qoiyimah, S. (2025). Studi Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kegiatan Awal Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 81–90.
Rusli, A., Fadhil, M., Ishaq, M., Hidayatullah, R., & Harmonedi, H. (2025). Strategi Pengumpulan dan Pengelolaan Data dalam Penelitian Pendidikan: Kajian Teoretis dan Praktis. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 573–581.
Saefullah, A. S. (2024). Ragam penelitian kualitatif berbasis kepustakaan pada studi agama dan keberagamaan dalam islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211.
Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier melalui bimbingan karir media mind mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29.
Sari, M., & Khairuddin, K. (2024). Mekanisme perencanaan studi lanjut siswa madrasah aliyah swasta persiapan Medan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 40–55.
Savickas, M. L. (2013). Career construction theory and practice. Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work, 2(1), 144–180.
Wulansari, E., & Amalia, K. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan SMART School Untuk Membangun Mutu Pembelajaran Di SMP Labschool UNESA 3. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 12(2), 333–347.
Zany, A., Damayanti, R., & Sugiharta, I. (2024). Eksplorasi minat dalam meningkatkan perencanaan karier peserta didik di MAS Mathlaul Anwar Labuhan Ratu Bandar Lampung. Indonesia Berdaya, 5(3), 899–910.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ranita Dwi Purnama, Hendry Sugara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.