Hambatan dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v6i1.21625Kata Kunci:
Hambatan, Layanan, Bimbingan dan Konseling, SekolahAbstrak
Tugas utama guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah membantu peserta didik dalam mencapai tugas perkembangannya sesuai dengan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) pada setiap periode perkembangan. Oleh karena itu, guru BK memerlukan dukungan serta kerja sama dari berbagai pihak, disertai sarana dan prasarana yang memadai. Namun, dalam praktiknya guru BK menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur terhadap seorang guru dengan inisial “NR” di salah satu SMP Negeri di Kota Palangka Raya. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK menghadapi sejumlah kendala, antara lain kurangnya pemahaman stakeholders terhadap tugas dan fungsi guru BK; jumlah siswa yang melebihi 150 orang serta adanya siswa yang sulit diajak bekerja sama; beban tugas tambahan yang mengurangi fokus layanan; ruang BK yang belum terstandarisasi; perubahan kurikulum yang menuntut penyesuaian baru dalam format layanan; serta keterbatasan buku referensi untuk mendukung layanan bimbingan dan konseling.
Referensi
Amin, N. S. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Masa Perkembangan Pubertas Anak di SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018-2019. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 56-65. DOI: https://doi.org/10.33627/gw.v2i1.284
Anisah, L., Rachmawati, D. A., Dewi, A. K., Nove, A. H., Kurniadi, P., & Marzuki, D. (2024). Psikologi Pendidikan. Sumatera Barat : CV. Pustaka Inspirasi Minang
Apriatama, D. (2018). Faktor-faktor yang menghambat siswa dalam memanfaatkan layanan informasi karir di SMP Negeri 6 Palangkaraya. Juenal Bimbingan dan Konseling Indonesia, III, 2, 43-48. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i2.735
Ardimen, A. (2018). Pengembangan kepribadian konselor berbasis asmaul husna dalam pelayanan konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102-115. DOI: https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-07
Atmaja, S. D., Harapan, E., & Nurlela, N. (2019). Implementasi Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Smk Negeri 1 Benakat. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 125-136.DOI: https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4700
Bp, S. A., Ekasyafutra, E., Suhaili, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2021). Peranan Guru Dalam Bimbingan Dan Konseling Untuk Pebentukan Nilai Moral Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 220-225. DOI : https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.780
Deliani, N. (2018). Konsepsi (kesalahpahaman) bimbingan dan konseling dalam pendidikan. AL-IRSYAD: JURNAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM, 1(2).
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19. DOI : https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Guru, D., & KEMNDIKBUD, T. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan KEMNDIKBUD.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52. DOI: https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375
Ilfana, A., & Herdi, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Problematika dan Solusinya. Jurnal Paedagogy, 9(2), 241-247. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.3985
Istiyanah, N. (2020). Pemantapan minat siswa terhadap pilihan program studi di perguruan tinggi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik Focus Group Discussion. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). DOI : 10.24176/jpp.v3i2.5743
Kholilah, N., & Khusumadewi, A. (2018). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal BK Unesa, 8(3), 36-44.
Lisabe, C. M. (2019). Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melaksanakan Program Kerja Bimbingan dan Konseling. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-12. DOI : https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.138
Marimbun, M., & Pohan, R. A. (2021). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Negeri di Indonesia. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 76-87. https://doi.org/10.32505/enlighten.v4i2.3365
Mukhtar, A., & Luqman, M. D. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di kota makassar. Idaarah, 4(1), 1-15. DOI : https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172-184. DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241
Nove, A. H. (2024). Pengembangan Instrumen Perencanaan Karir Sekolah Kejuruan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 4(1), 1-6. DOI : https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12166
Nove, A. H., Basuki, A., & Sunaryo, S. A. I. (2021). Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu dalam perencanaan karir siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(4), 366-371. DOI : 10.29210/143100
Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan langkah penelitian antropologi: Sebuah literature review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 44-68. DOI: https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.109
Permadin, M. L. P. (2023). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama di SMP Negeri. Jakarta : UNJ
Pithriani, P., Apriatama, D., & Ginting, H. F. B. (2024). Hambatan Guru BK Dalam Mengembangkan Rencana Pemberian Layanan BK (RPLBK) Berdiferensiasi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 4(1), 67-76. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15588
Qomaruddin, Q., & Sa'diyah, H. (2024). Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77-84. DOI: https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536
Ramli, A., Fahrudin, A., Nove, A. H., Dewi, R. D. L. P., Isrohmawati, I., & Rachman, R. S. (2023). Analisis Manajemen Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4263-4271. DOI : https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23616
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). DOI : https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Ridha, A. A. (2019). Penerapan konselor sebaya dalam mengoptimalkan fungsi layanan bimbingan konseling di sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25-34. DOI : http://dx.doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549
S.Kurnia.A, Kur’ani.N, Nove .H.A.,Rahmawati A., Dewi K.A. (2025). Psikologi Perkembangan Manusia. Sumatera Barat : CV Hei Publishing Indonesia.
Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor sebaya sebagai strategi pemecahan masalah siswa. Matappa, 1(1), 36-41. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.242
Setyoningsih, Y. D. (2018, August). Tantangan Konselor di era milenial dalam mencegah degradasi moral remaja. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 134-145).
Sihabudin, M. (2015). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123-137. DOI : https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.903
Situmorang, Y. N., Nove, A. H., Manik, R. B., Giawa, J. S. W., Hutauruk, F., & Pakpahan, D. R. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendidik: Studi Kasus Kenakalan Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 4(2), 10-18. DOI : https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12166
Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154
Sukadari, S. (2021). Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 67-â. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1204
Sunariyah, I. (2020). Persepsi stakeholders mengenai guru bimbingan dan konseling di MA Al-Falah Sumber Gayam. Madura : IAIN Madura. http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/80
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36. DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Suryani, R., Said, A., & Sukmawati, I. (2019). Hambatan Yang Dialami Guru BK Untuk Melaksanakan Instrumen Non-Tes Dalam Pelayanan BK Dan Usaha Mengatasinya. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 33-40. DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.3035
Susanty, F. (2022). Peran Guru BK dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling serta Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA IT Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 90-110. DOI: http://dx.doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.151
Wahyuni, E. D. S. (2022). Bimbingan dan Konseling di Era disrupsi. WIDYA DIDAKTIKA-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 12-21. DOI:https://doi.org/10.54840/juwita.v1i2.65
Zarisman, E. (2023). Peran Prasarana BK untuk Meningkatkan Kualitas Layanan dan Kenyamanan dalam konseling Bagi Siswa. GUIDING WORLD (BIMBINGAN DAN KONSELING), 6(2), 134-143. DOI: https://doi.org/10.33627/gw.v6i2.1333
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2026 Albertus Hengka Nove

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.