Pengembangan Instrumen Perencanaan Karir Sekolah Kejuruan

Penulis

  • Albertus Hengka Nove IAKN Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12166

Kata Kunci:

instrumen, Perencanaan Karir, sekolah kejuruan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan instrumen berupa iventori perencanaan karir untuk sekolah kejuruan. Terdapat 35 item pernyataan yang dikembangkan berdasarkan 3 aspek perencanaan karir yaitu aspek mengenal diri, mengeksplorasi karir, dan memilih karir. Sampel penelitian 60 siswa kejuruan. Terdapat 2 langkah yang dilakukan dalam pengembangan instrumen yaitu (1) untuk mengetahui keterbacaan instrumen dengan melibatkan ahli instrumen perencanaan karir dan (2) untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan keterbacaan instrumen oleh ahli diperoleh instrumen termasuk kategori relevan untuk digunakan. Kemudian uji validitas terhadap 35 item pernyataan menunjukkan 32 item valid dan 3 item gugur. Selanjutnya 32 item pernyataan diuji reliabilitas menunjukkan hasil Cronbach's Alpha lebih besar dari pada rtabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan instrumen perencanaan karir dengan 32 item pernyataan relevan, valid dan reliabel untuk digunakan siswa kejuruan dalam perencanaan karir.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Saifuddin. (2018). Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Arina Hidayati. (2015). Perencanaan Karir Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa Smk (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2).

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud. (2016). Buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta : Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.

Fitriyani. (2018). Pengembangan Modul Perencanaan Karir untuk Siswa di SMKN 1 Dlingo (Tesis Tidak Terpublikasi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Massie, R., Tewal, B. & Sendow, G. (2015). Pengaruh Perencanaan Karir, Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 635–645.

Mastur & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta : Paramitra Publishing.

Parsons, F. (1909). Choosing a vocation. Boston: Houghton-Mifflin.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suwidagdho & Purwanta. (2019). Pengembangan Instrumen Eksplorasi Karir Anne Roe pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Tesis Tidak Terpublikasi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. (n.d.).

Widoyoko P. E. S. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2024

Cara Mengutip

Hengka Nove, A. (2024). Pengembangan Instrumen Perencanaan Karir Sekolah Kejuruan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12166