Peran Orang Tua Dalam Mendidik : Studi Kasus Kenakalan Remaja

Penulis

  • Yohanes Natanael Situmorang IAKN Tarutung
  • Albertus Hengka Nove IAKN Tarutung
  • Renonsi Br. Manik IAKN Tarutung
  • Jui Samarta Wani Giawa IAKN Tarutung
  • Filia Hutauruk IAKN Tarutung
  • Daud Robin Pakpahan IAKN Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.13795

Kata Kunci:

Peran Orang Tua, Kenakalan Remaja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menguraikan tentang pentingnya peran orang tua dalam menghadapi kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan wawancara dari 4 orang tua di Desa Pagarbatu. Temuan menunjukkan bahwa terdapat beberapa sikap dan perilaku yang ditunjukkan orang tua dalam menghadapi kenakalan remaja seperti (1) komunikasi yang baik serta nasehat yang membangun dan mendidik; (2) memberikan teladan positif untuk anak; (3) memberikan kedisiplinan kepada anak, serta (4) memberikan pujian kepada anak bila melakukan hal yang baik. Bersasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan peran orang tua dalam menghadapi kenakalan remaja sangat berperan penting dalam tumbuh kembang remaja. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti hanya melihat penyebab kenakalan remaja dari peranan orang tua saja sehingga penelitian selanjutnya dapat mengungkap berbagai penyebab kenakalan remaja lebih luas seperti peranan teman sebaya, peranan media sosial dan dampak broken home.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, F., Mualifah, A., & Purwadi. (2021). Faktor-faktor Penyebab Agresivitas Pada Anak Usia Dini “X” IslamicPreschool Yogyakarta. Dirasah, 4(1), 35.

Annuar, K., & Sa’adah, N. (2023). Pentingnya Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Remaja Dan Faktor Yang Menyebabkan Kurang Efektifnya Komunikasi Dalam Keluarga. Cons-Iedu, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.51192/cons.v3i1.182

Fadilah, S. N., Mangli, M. I. A., & Jember, M. I. N. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku negatif siswa: bentuk, faktor penyebab, dan solusi guru dalam mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7, 1–14.

Hasanah, T. D. U., & Widuri, E. L. (2014). Regulasi emosi pada ibu single parent. Jurnal Psikologi Integratif, 2, 86–92.

Ikromah, E., Santoso, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Peran Orang Tua Mendampingi Belajar Anak Di Masa Pandemi Di Dukuh Nglau. Janacitta, 5(2).

Khomsiyah, I. (2014). Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 2(1). https://doi.org/10.21274/ahkam.2014.2.1.105-117

Kurnisari, M. (2021). Hubungan Antara Kesepian Dan Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Siswa Di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3432

Magdalena, M. (2018). Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan dan Saran Sederhana melalui Penguatan Pujian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237–245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282

Mahdalena. (2015). Marah Bentuk Kasih Sayang pada Anak. Ekp, 1(2), 119–129.

Mandey, G. T., Mokalu, B. J., & Kandowangko, N. (2022). Jurnal Ilmiah Society. Partisipasi Orang Tua Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Siswa SD Inpres Likupang Kampung Ambon Akibat Covid 19 Di Desa Likupang Kampung Ambong Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara, 2(1), 1–12.

Noviyanti, E., Christian, A., & Wijaya, K. (2021). Implementasi Metode UCD (User Centered Design) Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan: Studi Kasus : SMK Negeri 1 Gelumbang. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.47747/jpsii.v2i2.561

Phafiandita, A. N., & Permadani, A. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. 3(2), 111–121.

Purnomo, E. H., & Ningsih, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Pandemi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 235–248. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4712

Ratnawati, V. (2017). Kondisi Keluarga Dan Kenakalan Anak. 1–6.

Rosita, T., Annisa, Y. N., Aisha, M., Indradjaja, P., Rahman, A. N., & Kunci, K. (2023). Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak Juvenile Delinquency : Kenakalan Remaja dan Anak dalam Sudut Pandang Psikologi dan Hukum. 5, 128–133. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v5i1

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Sari, S. P. (2014). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Suku Jawa, Suku Banjar, Dan Suku Bima. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

Sawitri, N. L. P. D. (2017). Memberikan pujian yang tepat terhadap growth mindset. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 15–54.

Setiawan, hari harjanto. (2016). Systemic Approach To Handle Child ’ S Behavior Deviations Abstrak Pendahuluan Dunia anak berperilaku menyimpang merupakan sebuah dunia yang ada dalam dunia kita . Mereka hadir bersama kita , tetapi kebanyakan masyarakat menganggap mereka sebagai orang yan. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI, 2(200), 33–52.

Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 437–445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335

Sulistyowati, N. W., Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., Utomo, S. W., Nuraina, E., Nugrahaningtyas, A., & Ningrum, P. W. (2023). Penyuluhan pentingnya komunikasi baik orang tua dengan anak. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 1083–1088.

Sutika, I. M. (2017). Pola komunikasi keluarga dalam pendidikan karakter anak di lingkungan keluarga. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 8(2), 1–9.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Widayati, T. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam. In UIN Raden Intan Lampung.

Wulan Sari. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Negatif Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas Xidi Ma Muhammadiyah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2024

Cara Mengutip

Natanael Situmorang, Y., Hengka Nove, A., Br. Manik, R. ., Wani Giawa, J. S. ., Hutauruk, F. ., & Robin Pakpahan, D. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendidik : Studi Kasus Kenakalan Remaja . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 10–18. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.13795