Analisis Pola Asuh Orang Tua Di TK Daarul Jannah Pontianak Timur

Penulis

  • Winda Zulhijah IKIP-PGRI Pontianak
  • Urai Herlina IKIP-PGRI Pontianak
  • Ema Sukmawati IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12626

Kata Kunci:

Pola asuh orang tua

Abstrak

Pola asuh merupakan suatu proses membimbing, mendidik, dan mendisiplinkan yang dilakukan oleh orangtua pada anak untuk mencapai kemandirian dengan menerapkan norma-norma tertentu yang ada dalam keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui gambaran pola asuh orang tua di TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 11 responden. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khusus gambaran pola asuh orang tua, jenis-jenis pola asuh orang tua, faktor-faktor pola asuh orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian terlihat bahwa pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua anak TK Daarul Jannah Pontianka Timur adalah pola asuh demokratis 82%, jumlah persentase ini lebih banyak dibandingkan dengan pola asuh otoriter 57% dan pola asuh permisif 43%, dan juga terdapat faktor yang paling menonjol yaitu faktor lingkungan di rumah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua anak di TK Daarul Jannah Pontianak Timur dengan faktor yang paling terlihat yaitu faktor lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fajriah, H., & Roemin, L. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Usia Dini Di Tk Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 80–90.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112.

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2).

Pitriani, H., Syafa’ah, F. N., Nurajijah, A., Musyarofah, N. N., Hidayatulloh, A., Rizky, K. P., Hidayat, Y., & Ubaedilah, D. (2023). Penerapan Pola Asuh Anak Usia Dini di TK Aisyah 2 Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(4), 161–173.

Rahmawati, Y., & Raudatussalamah, R. (2020). Perilaku Merokok Pada Pelajar: Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(1), 20–28.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128–137.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2024

Cara Mengutip

Zulhijah, W., Herlina, U., & Sukmawati, E. (2024). Analisis Pola Asuh Orang Tua Di TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 33–44. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.12626