Profil Gaya Belajar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Disc

Penulis

  • Non Sihai Universitas Palangkaraya
  • Romiaty Romiaty Universitas Palangkaraya
  • Nopi Feronika Universitas Palangkaraya
  • Susi Sukarningsi Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14870

Kata Kunci:

gaya belajar, tipe kepribadian DISC

Abstrak

Gaya belajar merupakan pola pikir khusus individu dalam menerima, mengolah informasi dan mempelajari keterampilan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gaya belajar ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Metodologi penelitian menggunakan penelitian survei dan menganalisisnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tipe Kepribadian Dominance memiliki gaya belajar Visual sebanyak 8%, Auditory 5% dan Kinestetik 10%; (2) Tipe Kepribadian Influence memiliki gaya belajar Visual sebanyak 5%, Auditory 5% dan Kinestetik 8%; (3) Tipe Kepribadian Steadiness memiliki gaya belajar Visual sebanyak 24%, Auditory 3% dan Kinestetik 21%; (4) Tipe Kepribadian Compliance memiliki gaya belajar Visual sebanyak 3%, Auditory 0% dan Kinestetik 8%. Kesimpulannya adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling memiliki tipe kepribadian Steadiness sebanyak 17 orang dari 38 responden dengan  gaya belajar visual dan kinestetik. Artinya bahwa mereka memiliki tipe kepribadian yang sangat menyukai proses, mau tekun berusaha, loyalitas dan mampu bekerja sama secara tim. Mereka lebih mudah untuk mempelajari materi secara visual dan praktek langsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK),4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10212

Felder, R., education, L. S.-E., & 1988, undefined. (2002). Learning and teaching styles in engineering education. Community.Canvaslms.ComRM Felder, LK Silverman Engineering Education, 1988•community.Canvaslms.Com.

Honesty, C., Asrori, M., Program, P., Bimbingan, S., Fkip, K., & Pontianak, U. (2019). Hubungan tipe kepribadian dengan gaya belajar peserta didik kelas VIII SMPN 16 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30940

Jufri, A., Asri, W., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif.

Khamndiniyati, N. (2019). Hubungan Konflik Peran Ganda dan Tipe Kepribadian DISC terhadap Sindrom Kelelahan (Burnout). Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 47–56.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/ALACRITY.V1I2.23

Masykuroh, A., Husnani, H., & Ihsanul, A. (2023). Pelatihan Membuat Sabun Transparan Bunga Telang Anggota PKK Desa PAL IX Sungai Kakap Kubu Raya. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 148. https://doi.org/10.55983/empjcs.v2i4.409

Pahreza, M. (2021). Gaya belajar siswa di masa pandemi pada anak yang bermukim di lingkungan Pasar Puntun Kota Palangka Raya. Digilib.Iain-Palangkaraya.Ac.Id.

Romiaty, R., Suriatie, M., Karuniaty Sangalang, O., & Feronika, N. (2023). Profil Kompetensi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Bimbingan Dan Konseling. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8, 37–50. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/2182

Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia : (Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD). Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49–60. https://doi.org/10.52185/ABUYAVOL1ISS2Y2023354

Yuni, Y., Wayoan, K. K., Saputra, M. G., & Id, Y. A. (2023). Asosiasi Gaya Belajar De Porter & Hernacki dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ebook.Umpwr.Ac.IdY Yuni, KK Wayoan, MG SaputraJurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2023•ebook.Umpwr.Ac.Id, 5(2), 96–106. https://ebook.umpwr.ac.id/index.php/jipm/article/view/4928

Unduhan

Diterbitkan

02-09-2024

Cara Mengutip

Sihai, N., Romiaty, R., Feronika, N., & Sukarningsi, S. (2024). Profil Gaya Belajar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Disc . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 37–44. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14870