Profil Gaya Belajar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Disc
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14870Kata Kunci:
gaya belajar, tipe kepribadian DISCAbstrak
Gaya belajar merupakan pola pikir khusus individu dalam menerima, mengolah informasi dan mempelajari keterampilan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gaya belajar ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Metodologi penelitian menggunakan penelitian survei dan menganalisisnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tipe Kepribadian Dominance memiliki gaya belajar Visual sebanyak 8%, Auditory 5% dan Kinestetik 10%; (2) Tipe Kepribadian Influence memiliki gaya belajar Visual sebanyak 5%, Auditory 5% dan Kinestetik 8%; (3) Tipe Kepribadian Steadiness memiliki gaya belajar Visual sebanyak 24%, Auditory 3% dan Kinestetik 21%; (4) Tipe Kepribadian Compliance memiliki gaya belajar Visual sebanyak 3%, Auditory 0% dan Kinestetik 8%. Kesimpulannya adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling memiliki tipe kepribadian Steadiness sebanyak 17 orang dari 38 responden dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Artinya bahwa mereka memiliki tipe kepribadian yang sangat menyukai proses, mau tekun berusaha, loyalitas dan mampu bekerja sama secara tim. Mereka lebih mudah untuk mempelajari materi secara visual dan praktek langsung.
Unduhan
Referensi
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK),4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10212
Felder, R., education, L. S.-E., & 1988, undefined. (2002). Learning and teaching styles in engineering education. Community.Canvaslms.ComRM Felder, LK Silverman Engineering Education, 1988•community.Canvaslms.Com.
Honesty, C., Asrori, M., Program, P., Bimbingan, S., Fkip, K., & Pontianak, U. (2019). Hubungan tipe kepribadian dengan gaya belajar peserta didik kelas VIII SMPN 16 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30940
Jufri, A., Asri, W., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif.
Khamndiniyati, N. (2019). Hubungan Konflik Peran Ganda dan Tipe Kepribadian DISC terhadap Sindrom Kelelahan (Burnout). Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 47–56.
Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/ALACRITY.V1I2.23
Masykuroh, A., Husnani, H., & Ihsanul, A. (2023). Pelatihan Membuat Sabun Transparan Bunga Telang Anggota PKK Desa PAL IX Sungai Kakap Kubu Raya. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 148. https://doi.org/10.55983/empjcs.v2i4.409
Pahreza, M. (2021). Gaya belajar siswa di masa pandemi pada anak yang bermukim di lingkungan Pasar Puntun Kota Palangka Raya. Digilib.Iain-Palangkaraya.Ac.Id.
Romiaty, R., Suriatie, M., Karuniaty Sangalang, O., & Feronika, N. (2023). Profil Kompetensi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Bimbingan Dan Konseling. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8, 37–50. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/2182
Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia : (Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD). Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49–60. https://doi.org/10.52185/ABUYAVOL1ISS2Y2023354
Yuni, Y., Wayoan, K. K., Saputra, M. G., & Id, Y. A. (2023). Asosiasi Gaya Belajar De Porter & Hernacki dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ebook.Umpwr.Ac.IdY Yuni, KK Wayoan, MG SaputraJurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2023•ebook.Umpwr.Ac.Id, 5(2), 96–106. https://ebook.umpwr.ac.id/index.php/jipm/article/view/4928
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Non Sihai, Romiaty Romiaty, Nopi Feronika, Susi Sukarningsi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.