Peningkatan Tanggung Jawab Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Behavior Contract

Penulis

  • Apriana Apriana Universitas PGRI Pontianak
  • Ulya Rahmaniah Universitas PGRI Pontianak
  • Fajar Al Falah Universitas PGRI Pontianak
  • Dionisia Luya Universitas PGRI Pontianak
  • Hendrik Hendrik Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.20365

Kata Kunci:

tanggung jawab belajar, bimbingan kelompok, behavior contract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik behavior contract dalam meningkatkan sikap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Kota Pontianak. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan bimbingan dan konseling dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan skala psikologis. Hasil awal menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan sikap tanggung jawab belajar dalam kategori “cukup” hingga “kurang”. Setelah intervensi, terjadi peningkatan signifikan dengan rerata persentase seluruh aspek meningkat dari 49,64% menjadi 78,01%. Peningkatan tertinggi terdapat pada aspek kemampuan memilih kegiatan belajar secara mandiri, dari 50,05% menjadi 93,02%. Hasil observasi juga mencatat peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok sebesar 18%. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa teknik behavior contract dalam layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab belajar siswa. Disarankan agar layanan ini diterapkan secara berkelanjutan sebagai bagian dari strategi penguatan karakter di sekolah.

Referensi

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2013). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2024). The development, testing, and refinement of Eccles, Wigfield, and colleagues’ situated expectancy-value model of achievement performance and choice. Educational Psychology Review, 36(2), 51.

Erford, B. T. (2015). 40 techniques every counselor should know. Merrill,.

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., Ardilla, N., Winingsih, P. H., Lapiana, U. N. B., Yektyastuti, R., & Fitri, A. (2024). Psikologi Pendidikan. EDUPEDIA Publisher, 1–136.

Fatinah, M., & Laily, N. (2024). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan dalam Pembelajaran melalui Teknik Behavioral Contract pada Siswa SMK Negeri 2 Lamongan. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 70–82.

Kumara, A. R. (2017). Bimbingan Kelompok. Universitas Ahmad Dahlan.

Mariyono, D. (2024). MENGUASAI PENELITIAN KUALITATIF Metode, Analisis Terapan, dan Arah Masa Depan. Cipta Media Nusantara.

Meyvita, I., Azizah, A. N., Alya, J., & Agetta, Y. M. (2025). Membangun Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar dalam Menyambut Pendidikan Berkualitas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 212–231.

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku dengan studentsâ€TM logbook untuk meningkatkan minat membaca siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.

Novianti, I., & Watini, S. (2022). Penerapan metode bernyanyi “asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini di paud al-hikmah desa ciptamargi kecamatan cilebar kabupaten karawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 399–408.

Nurhaidah, N. (2020). Meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di rumah selama covid 19 melalui pendekatan konseling kelompok realita: studi kasus siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Lambu. UIN Mataram.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., Waliulu, H., Hasanah, N., Maruddani, R. T. J., & Suroso, S. (2023). Perkembangan Pesera Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Prayogi, A. (2025). Gaya Belajar Siswa Bimbingan Belajar Luar Sekolah: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Bersama Ilmu Pendidikan (DIDIK), 1(1), 1–7.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 568–577.

Ulfa, D., Wibowo, M. E., & Sugiyo, S. (2015). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Teknik Self-Management. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2).

Zahra, S. A. (2019). Penerapan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Komitmen Belajar Siswa Di Smp It Wahdah Islamiyah Makassar. Eprints.Unm.Ac.Id. https://eprints.unm.ac.id/25194/1/SKIRPSI SARAH PDF.pdf

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2025

Cara Mengutip

Apriana, A., Rahmaniah, U., Al Falah, F. ., Luya, D., & Hendrik, H. (2025). Peningkatan Tanggung Jawab Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Behavior Contract. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.20365

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.