Upaya Meningkatkan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management di MTs Muslimat NU Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3472Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Kebiasaan Belajar, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah efektivitas bimbingan kelompok Teknik self-management dalam meningkatkan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebiasaan belajar dengan skala likert dan dokumen legger dari nilai hasil prestasi belajar yang dilakukan sebanyak 2 (Dua) kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan Uji-T berpasangan. Jumlah sampel penelitian 10 (Sepuluh) siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan sampling purposive. Dan perhitungan hasil yang menggunakan pre-test dan post-test one group design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penggunaaan bimbingan kelompok melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management sebelum diberi treatment hasil pretest skor rata-rata kebiasaan belajar 50 setelah diberi treatment berubah menjadi 68,5 dengan peningkatan 18,5. Sedangkan untuk nilai hasil prestasi belajar sebelum diberi treatment hasil nilai rata-rata legger pretest 70,1 setelah diberi treatment berubah menjadi 76,46 dengan peningkatan 6,36. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan antara pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil uji hipotesis taraf kesalahan 5% jika t hitung < t tabel db n-1 diketahui bahwa thitung kebiasaan belajar -9,6214 dan ttabel2,262. Ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkanbahwa bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-management efektif meningkatkan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IX-B MTs Muslimat NU Palangka Raya.
Unduhan
Referensi
Fokusmedia, T. (2015). Undang-undang SISDIKNAS Sitem Pendidikan Nasional.
Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hanafy, M. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id, 17(1), 66–79. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516
Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.
NK Pratiwi. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Journal.Unas.Ac.Id, 1(2). http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320
Rosyid, M., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. (2019). Prestasi belajar. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2tmaDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Rosyid,+Moh.Zaiful+.+(2019).+Prestasi+Belajar.+Malang+:+Literasi+Nusantara&ots=WaVVgS9Mgn&sig=qXAu6OvvvDPSMaeD3R9LiJP2XHQ
Saputra & Setianingrum. (2016). Perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di kelompokbermain cendekia kids school madiun dan implikasinya pada layanan konseling. Jurnal CARE. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/download/536/480
Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Pendidikan. In Statistika Untuk Penelitian.
Yanti. (2015). PERAN TOKOH WANITA DALAM PENGELOLAAN PROGRAM PAUD AL-BIDAYAH KP. BOJONGKONENG DESA CIBEDUG KECAMATAN RONGGA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Repository.Upi.Edu. https://123dok.com/document/yng6k61z-pengelolaan-program-bidayah-bojongkoneng-cibedug-kecamatan-kabupaten-bandung.html
Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109–114.
Yuniarwati, C. T. (2018). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS XI A¬ Ph 1 SMK NI CEPU SEMESTER GASAL TAHUN 2017/2018. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Akbar Wibisono, Sunaryo A.I., Oktamia Karuniaty Sangalang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.