ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA

Isi Artikel Utama

Gene Giusti
Sunaryo A.I
Mimi Suriatie

Abstrak

Kebiasaan belajar merupakan cara atau teknik yang menetap pada diri Siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan belajar. Untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik maka siswa harus mempunyai kebiasaan belajar yang baik. Fenomena yang didapatkan peneliti di SMA negeri 4 Palangka Raya yaitu (1) Siswa tidak memiliki kebiasaan belajar yang terstruktur, (2) banyak Siswa yang kurang memahami pelajaran yang disampaikan di dalam kegiatan belajar mengajar, dan (3) Siswa kurang aktif bertanya jika kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa yang berprestasi pada  kelas XI SMA Negeri 4 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dengan menggunakan sampel sebanyak 5 (lima) siswa yang memiliki prestasi belajar dan kebiasaan belajar yang baik dengan melihat indeks prestasi siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan Siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palangka Raya memiliki kebiasaan belajar yang baik. Hal ini dapat terlihat dari pemahaman Siswa yang baik terhadap metode, teknik, kemahiran, atau cara – cara belajar yang efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Giusti, G., Sunaryo A.I, & Suriatie, M. (2021). ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 32-38. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp/article/view/2283
Bagian
Articles

Referensi

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80.

Nurlaila, N. (2016). Kebiasaan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Unggulan (Penelitian Etnografi Di MTSN Batusangkar Tp. 2011/2012). Ta’dib, 15(2).

Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. In Ke-26.