PENGARUH GAYA HIDUP BRAND MINDED TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA

Penulis

  • Muhammad Ajie Sadewa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Lita Ariani Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4395

Kata Kunci:

Gaya Hidup Brand minded, Perilaku Konsumtif, mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh gaya hidup brand minded dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dengan rentang usia 18-25 Tahun, menggunakan dan membeli barang branded. Skala yang digunakan untuk pengambilan data penilitian adalah skala gaya hidup brand minded dan skala perilaku konsumtif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan (Sig. 0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya hidup brand Minded terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, R. (1995). Parent stress index. In Odessa, FL: Psychological Assessment Resources.

Afifatur, R., Endro, T., & Agung, P. (2015). Analisis pengaruh inovasi produk dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku pembelian konsumen. Jurnal Dinamika Adminitrasi Bisnis, 1(1), 1–7.

Alvara Research Center. (2020). The Battle Of Our Generation: Indonesia Gen Z and Millennial Report 2020.

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 6681, 428–432.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(3), 131–140.

Asosiasi Penggunaan Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet Apjii 2019-2020 (Q2). 2020, 15.

Baba, A. N. (2018). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area.

Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2019). Parenting self-efficacy among mothers of school-age children

Ermawati, E., & Indriyanti. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMP N 1 Piyungan. Spirits, 2(1), 1–21.

Haryono, P. (2014). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4).

Hasibuan, E. P. N. (2010). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. 1–110.

Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2014). Fashion dan gaya hidup: identitas dan komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 25–32.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson Education (Vol. 22).

Lonyka, T. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Cybersex pada Mahasiswa yang Bermain Peran (Role Player) di Platform Sosial Media Twitter. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3).

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior Building Marketing Strategy.

Muhammad, P. P. (2021). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa pada masa Pandemi Covid-19. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Novitasani, L., & Handoyo, P. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma, 02(chapt 1), 7.

Permatasari, S. V. (2020). Analisis Permintaan Terhadap Perilaku Konsumen dan Produsen Dalam Islam Pada Masyarakat. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1).

Plessis, E. Du. (2011). The branded mind. In … Tells Us About the Puzzle of the Brain and the Brand, …. Kogan Page Limited.

Purbohastuti, A. . (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Puryasari, R. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomiurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1–14.

Rachmat, T. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan. CV Alfabeta.

Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548.

Windayani, S., & Astiti, P. (2017). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. 000, 96–108.

Zahra, D. R., & Anoraga, P. (2021). The Influence of Lifestyle , Financial Literacy , and Social Demographics on Consumptive Behavior. 8(2), 1033–1041.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Sadewa, M. A., & Ariani, L. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP BRAND MINDED TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 34–41. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4395