Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Dengan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik

Penulis

  • Nowa Pil Afia Universitas Palangkaraya
  • Esty Pan Pangestie Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.15154

Kata Kunci:

konseling kelompok, Teknik reframing, Perilaku agresif

Abstrak

Perilaku agresif merupakan tindakan perilaku yang dilakukan secara fisik maupun verbal yang bersifat merugikan dan dilakukan dengan sadar oleh individu untuk mencelakai ataupun melukai individu lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavior dengan teknik reframing untuk mengurangi perilaku agresif pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental desain dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil perhitungan pre -test dan post-test dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen, dimana presentase rata-rata pada pre-test adalah 78% termasuk kategori tinggi, kemudian setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik reframing hasil post-test kelima subjek tersebut mengalami penurunan menjadi 50% dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil wilcoxon signed ranks test adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pre-test dan hasil post-test yang artinya ada pengaruh penggunaaan konseling kelompok dengan teknik reframing untuk menurunkan perilaku agresif verbal. Dengan  adanya penelitian ini guru BK dapat menerapkan teknik reframing dalam menangani peserta didik yang memiliki masalah, terutama pada masalah perilaku agresif verbal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Geandra, F., & Neviyarni, S. (2018). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8–12. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti%0AAnalisis

Gemilang, M. A. (2022). Layanan konseling kelompok dengan teknik reframing untuk meningkatkan identitas diri siswa. Insight Jurnal Dan Bimbingan Konseling, 11(1), 6–7.

Habibah, U. (2019). Konseling kelompok dengan teknik reframing untuk menurunkan perilaku agresif siswa di SMP Negeri 7 sukoharjo tahun ajaran 2018/2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Menurunkan Perilaku Agresif.

Hasnida, N. L. L. (2016). Konseling Kelompok (Y. R. Irfan Fahmi (ed.); Copyright). Prenadamedia Group.

Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di Smkn 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28. https://doi.org/10.23916/08416011

Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). Instrumen Bk 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktek).

Sentosa, A. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresi Verbal Siswa Kelas Xi-Ia 5 Sma Negeri 1 Kisaran.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&B. Alfabeta cv.

Sugiyono, P. D. . (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd Ed.). Alfabeta Cv.

Suryani. (2019). Modul 11 Uji Wilcoxon. 6.

Unduhan

Diterbitkan

06-09-2024

Cara Mengutip

Pil Afia, N., & Pan Pangestie, E. . (2024). Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Dengan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 60–66. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.15154