Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15156Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Diskusi Kelompok, Kenakalan RemajaAbstrak
Kenakalan remaja adalah perilaku sebagian remaja yang bertentangan dengan hukum, agama, dan norma sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat mengurangi kenakalan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan data pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok sebelum diberikan layanan. Presentase rata-rata pre-test 10 subyek adalah 76% termasuk kategori tinggi menunjukkan bahwa tingkat kenakalan remaja tinggi. Setelah diberikan layanan hasil post-test 10 subyek tersebut mengalami penurunan menjadi 56% dalam kategori rendah yang menunjukkan bahwa tingkat kenakalan remaja rendah atau mengalami penurunan. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa Signifikan penelitian 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Di mana layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok dapat mengurangi kenakalan remaja kelas VII SMPN 3 Palangka Raya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya, sehingga menambah wawasan peneliti lainnya khususnya yang berkenaan dengan kenakalan remaja peserta didik.
Unduhan
Referensi
Burta, F. S. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Smp Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. 1, 430–439.
Dewajani, J. S., & Karneli, Y. (2020). Analisis Permasalahan Ruminasi Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 339–344. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.42415
Dona Audri, K. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, 1–89.
Maulidia, D. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 170205043, 16.
Moch. Ibnu Maulana. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Anggota Pik-R Kelas Xi Sman 4 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. 21(1), 1–9.
Pane, I. M. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smp Muhammadiyah 05 Medan. 1–57. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/7165
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.787
Prof. Dr. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, Dan R&D.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 364–373. Https://Doi.Org/10.36312/Jisip.V5i1.1727
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Sugiyono, P. D. . (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd Ed.). Alfabeta Cv.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. Https://Doi.Org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Syamsiah, Esty Pan Pangestie, Nopi Feronika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.