PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI PADA SISWA MAN KOTA PALANGKA RAYA

Isi Artikel Utama

Sri Mariana
Helmuth Y. Bunu
Nopi Feronika

Abstrak

Keterbukaan diri adalah proses memberi kesempatan kepada pihak lain untuk mengetahui cara kita berpikir, mengenai perasaan kita tentang sesuatu dan tentang keinginan. Siswa yang mampu dalam keterbukaan diri terbukti mampu menyesuaikan diri, lebih percaya diri, bersikap positif, lebih objektif, dan terbuka Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana teknik brainstorming untuk  membantu siswa dalam meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi pada siswa MAN Kota Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Designs dengan One-group Pretest-Postets Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa MAN Kota Palangka Raya yang memiliki keterbukaan diri dalam komunikasi rendah.  Alat pengumpulan data menggunakan angket keterbukaan diri dalam komunikasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan rumus uji-t dua sampel berpasangan.  Dari hasil penelitian menujukkan keterbukaan diri dalam komunikasi sebelum memperoleh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming  50% dengan kategori rendah, setelah memperoleh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming 69% dengan kategori tinggi. Perbedaan tingkat keterbukaan diri dalam komunikasi sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming sebesar 18%. Hasil uji t dua sampel berpasangan diperoleh t hitung-12,548 dan t tabel -2,015 berarti Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teknik brainstorming begitu efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi pada siswa MAN Kota Palangka Raya.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sri Mariana, Y. Bunu, H., & Feronika, N. (2021). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI PADA SISWA MAN KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 16-21. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp/article/view/2280
Bagian
Articles

Referensi

Ashfahani, S. (2019). Implementasi Keterbukaan dan Dukungan dalam Komunikasi Antarpribadi (Studi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 11(01), 187–195.

Rakhmat, J. (2015). Psikologi komunikasi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Suriana, A., & Dewi, D. S. E. (2013). Penelitian Tentang Self Disclosure Pasien ODHA RSUD Banyumas. Psycho Idea, 11(1).

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109–114.