HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME DENGAN PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA USER GAME ONLINE

Penulis

  • Sekar Safitri Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Fikri Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4396

Kata Kunci:

Kecanduan Game online, Perilaku Agresif Verbal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game dengan perilaku agresif verbal pada user game online. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kecanduan game terhadap perilaku agresif verbal pada user game online. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional dan teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria individu berada pada tahap remaja sampai dengan dewasa awal (12 tahun s/d 40 tahun) yang bermain game online; memiliki rentang waktu minimal bermain lebih dari 3-5 jam perhari, jenis game MMORPG, MOBA, FPS, Battle Royale sejumlah 174 orang. Skala yang digunakan untuk pengambilan data adalah skala kecanduan game dengan rentang daya item 0,280-0,611 dan memiliki nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,929 dan skala agresif verbal dengan rentang daya item 0,300-0,674 dan memiliki nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,945. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson dengan bantuan software SPSS 23.0 (Statistical Packages for the Social Sciences). Hasil perhitungan statistik menunjukan nilai korelasi (r = 0,639; p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kecanduan game dengan perilaku agresif verbal pada user game online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Affandi, M. (2013). Pengaruh game online terhadap tingkat efektivitas komunikasi interpersonal pada kalangan pelajar kelas 5 SDN 009 Samarinda. EJournal Llmu Komunikasi, 1(4), 177–187.

Amanda, R. A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.

Andrianis, I., Nur Sulistiyawati, F., & Rora Paruhita, D. (2011). Gambaran kecenderungan agresivitas dalam pemilihan game online pada anak.

APJII, B. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).

Asyakur, M. A. B., & Puspitadewi, N. (2017). Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online dengan Kecenderungan Agresivitas pada Komunitas Gaming Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 4(3), 1–6.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 211–219.

Hermawan, E. (2019). Kecanduan Game Digital Online: Memahami Dampak Kecanduan Game Online terhadap Hubungan Sosial. Kelola: Jurnal Sosial Politik, 2(1), 149–162.

Infante, D. A., Riddle, B. L., Horvath, C. L., & Tumlin, S.-A. (1992). Verbal aggressiveness: Messages and reasons. Communication Quarterly, 40(2), 116–126.

Isnaini, I., Malfasari, E., Devita, Y., & Herniyanti, R. (2021). Intensitas Bermain Game Online Berhubungan dengan Perilaku Agresif Verbal Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 235–242.

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200–207.

Jumlah Gamer Indonesia Tumbuh, Masa Depan Cerah Buat Industri Esports? - Semua Halaman - Nextren.grid.id. (n.d.). Retrieved March 30, 2022, from https://nextren.grid.id/read/012284184/jumlah-gamer-indonesia-tumbuh-masa-depan-cerah-buat-industri-esports?page=all

Kartini, H. (2016). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Intensitas Bermain Game Online dengan Intensi Berperilaku Agresif Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4).

Kusnita, N. (2018). Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.

Kuss, D. J., Shorter, G. W., van Rooij, A. J., Griffiths, M. D., & Schoenmakers, T. M. (2014). Assessing internet addiction using the parsimonious internet addiction components model—a preliminary study. International Journal of Mental Health and Addiction, 12(3), 351–366.

La Febrina, C. (2014). Pengaruh intensitas bermain game on-line terhadap agresivitas siswa. Jurnal Ilmiah Visi, 9(1), 28–35.

Lestari, L. A. (2019). Bimbingan konseling Islam melalui teknik self management untuk meningkatkan tanggung jawab belajar pada mahasiswa UIN Sunan Ampel surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Lutfiwati, S. (2018). Memahami kecanduan game online melalui pendekatan neurobiologi. ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 1–16.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (e-Journal), 3(2), 103–118.

Miris, Kecanduan Game Online, Remaja di Jakbar Nekat Tusuk Ibu Kandung - Minews ID. (n.d.). Retrieved March 30, 2022, from https://www.minews.id/news/miris-kecanduan-game-online-remaja-di-jakbar-nekat-tusuk-ibu-kandung

Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 189–229.

Nirwanda, C. S., & Ediati, A. (2017). Adiksi game online dan ketrampilan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Empati, 5(1), 19–23.

Olga, N. F. (2019). Hubungan kematangan emosi dengan Agresivitas Verbal yang dilakukan pada kalangan mahasiswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Permatasari, D. A., & Sugito, S. (2017). Dinamika Perilaku Agresif Anak yang Bermain Game pada Anak Kelompok B4 di TK ABA Wonocatur Banguntapan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 149–160.

Pitakasari, A. A., Kandar, K., & Pambudi, A. (2019). Hubungan Paparan Game Online Berunsur Kekerasan terhadap Kejadian Perilaku Agresif pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(2), 96–102.

Rachmat, T. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Reza, T. (2020). Intensitas Bermain Game Online Mobile PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) dengan Kecenderungan Agresivitas pada Dewasa Awal. Cognicia, 8(1), 118–130.

Rondo, A. A. A., Wungouw, H. I. S., & Onibala, F. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Siswa di SMA N 2 Ratahan. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Rösner, L., Winter, S., & Krämer, N. C. (2016). Dangerous minds? Effects of uncivil online comments on aggressive cognitions, emotions, and behavior. Computers in Human Behavior, 58, 461–470.

Safitri, S. S. (2020). Game Online dan Pengaruh Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 364–376.

Satria, R. A., Nurdin, A. E., & Bachtiar, H. (2015). Hubungan kecanduan bermain video games kekerasan dengan perilaku agresif pada murid laki-laki kelas iv dan v di sd negeri 02 cupak tangah pauh kota padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1).

Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (2009). Psikologi sosial (edisi ke dua belas). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawati, O. R., & Gunado, A. (2019). Perilaku agresif pada siswa smp yang bermain game online. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 30–34.

Shao, R., & Wang, Y. (2019). The relation of violent video games to adolescent aggression: An examination of moderated mediation effect. Frontiers in Psychology, 10, 384.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Terok, M., Tololiu, T., & Rompis, N. (2018). THE INTENSITY OF PLAYING ONLINE GAMES ON THE VIOLENCE AND AGGRESSIVE BEHAVIOR STUDENTS. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 6(2), 83–91.

Tiani, A. (2014). Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresif Anak Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Waas, P. M. (2015). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online Jenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter Dengan Perilaku Agresif Pada Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (Doctoral Dissertation, Program Studi Psikologi Fpsi-Uksw). Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Diakses Dari Http://Repository. Uksw. Edu/Handle/123456789/8701.

Wibisono, A., & Naryoso, A. (2019). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Mobile Legend Dan Pengawasan Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Anak Remaja. Interaksi Online, 7(3), 179–187.

Yunita, M. M., & Augestya, Y. (2020). Peran Mindfulness Terhadap Kecenderungan Adiksi Dan Agresivitas Pada Remaja Pemain Game Online Bermuatan Kekerasan. Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Safitri, S., & Fikri. (2022). HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME DENGAN PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA USER GAME ONLINE. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4396