Inovasi Preventif Terhadap Perilaku Bullying: Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok di SMA

Penulis

  • Arliady Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Abdullah Sinring Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14357

Kata Kunci:

Bullying, Modul Bimbingan KelompoK, SMA, Pencegahan, Efektivitas

Abstrak

Fenomena bullying di sekolah merupakan isu yang serius dan mempengaruhi kesejahteraan siswa. Untuk menangani masalah ini secara efektif, diperlukan inovasi dalam pendekatan pencegahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas modul bimbingan kelompok yang dirancang untuk mencegah perilaku bullying di SMA. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model Borg dan Gall yang dimodifikasi, meliputi tahap analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan, validasi oleh ahli, dan uji coba pada kelompok kecil. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket di UPT SMAN 1 Pangkep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mendapatkan penilaian yang sangat layak dari para ahli dengan skor kelayakan rata-rata di atas 80%. Uji coba pada kelompok kecil menunjukkan efektivitas modul dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap bullying dan mendorong perilaku positif. Secara keseluruhan, modul ini diterima dengan baik oleh siswa dan guru sebagai alat preventif dalam menangani bullying. Kesimpulannya, modul bimbingan kelompok ini terbukti efektif dan dapat diimplementasikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif serta meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam mencegah dan menghadapi bullying.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agisyaputri, E., Nadhirah, N., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 19–30.

Amirullah, M., Nur, E. W., & Aswar, A. (2023). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Tadabbur Sirah Untuk Mengembangkan Spritualitas Siswa Di Madrasah. Media Bina Ilmiah, 17(8), 1985–1996.

Andriani, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Bucur, M.-C. (2022). Prevention Of Bullying In Educational Institutions. International Journal of Legal and Social Order, 1(1), 24–45.

Carretero Bermejo, R., Nolasco Hernández, A., & Sánchez, L. G. (2022). Study of the relationship of bullying with the levels of eudaemonic psychological well-being in victims and aggressors. Sustainability, 14(9), 5609.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55–66.

Dewinda, H. R., Fitria, L., & Wijaya, I. (2024). Peningkatan resiliensi pada siswa korban bullying melalui pelatihan dengan menggunakan modul resiliensi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 95–102.

Erawati, E., Sunarmi, S., Ridwan, M., Sarwono, B., Hastuti, T. P., Talib, S. T. R., Triredjeki, H., & Kriswoyo, P. G. (2024). Program Anti Bullying Berbasis Sekolah Di Desa Siaga Sehat Jiwa. Jurnal Empati (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti), 5(1), 63–68.

Gunawan, I. M. S. (2023). Pentingnya Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 67–78.

Hahn, G. (2023). Bullying: Violência na linguagem e sua dimensão perlocucionária. Revista Linguagem Em Foco, 15(1), 152–176.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok. Duta Sablon.

Haru, E. (2022). Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 11(2).

Hassan, B. A. R., & Mohammed, A. H. (2023). Overview of Bullying. Studies in Social Science & Humanities, 2(4), 69–71.

Ilmi, J., Fitriani, W., & Rahman, D. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Melalui Media Sosial. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 295–300.

Isabela, M., & Anggraini, S. (2024). Hubungan Kematangan Emosi dengan Perilaku Bullying pada Siswa. Journal on Education, 6(3), 16998–17009.

Kaltsas, E. P., & Kaltsas, J. (2023). Combatting Bullying in School and Its Consequences.

Kusuma, A. A. (2015). Efektivitas Undang-Undang Perlindungan Anak Dalam Hubungan Dengan Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Perdagangan Orang Di Indonesia. Lex Et Societatis, 3(1).

Melati, T., Sobari, T., & Septian, M. R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mencegah Perilaku Bullying Peserta Didik Di SMAN 1 Sindangkerta. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(3), 201–212.

Metha, S. (2023). Pertanggung Jawaban Pidana Atas Tindakan Perundungan Fisik Oleh Pelaku Anak Di Bawah Umur. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(02).

Murphy, J. J. (2022). Solution-focused counseling in schools. John Wiley & Sons.

Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 6(1).

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Pengembangan E-Modul Karier Wirausaha Berbasis UMKM Lokal dengan Model Rowntree untuk Siswa SMAN 6 Sidrap. Jurnal Konseling Gusjigang, 10(1), 68–84.

Nursalim, M. (2013). Pengembangan media bimbingan dan konseling. Jakarta: Akamedia.

Putri, D. A., Fitria, I. T., Wardani, M. S., Ikbal, M., & Wisma, N. (2023). Trend Penelitian Perilaku Bullying Di Indonesia. Cognitive: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 18–30.

Rogojan, L., & Turda, E.-S. (2022). Educational Intervention Program for the Prevention of Bullying Behaviour in Primary School. European Proceedings of Educational Sciences.

Sa’dun Akbar, M. P. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97–100.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Winanti, W., Himmy’azz, I. K., Kumoro, D. F. C., Kamar, K., Fernando, E., Nurasiah, N., Yulia, Y., Adiyanto, A., Purno, M., & Suseno, B. (2023). Bimbingan Teknis bagi Guru melalui Program Pencegahan Perundungan pada SMK Permata Kemiri Kabupaten Tangerang. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 47–56.

Zain, S. G., & Jaya, H. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah. Information Technology Education Journal, 3(2), 81–84.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2024

Cara Mengutip

Arliady, Saman, A., & Sinring, A. (2024). Inovasi Preventif Terhadap Perilaku Bullying: Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok di SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 19–27. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.14357