PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Penulis

  • Riani Puji Utami SMA Bina Insani Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4308

Kata Kunci:

Project Based Learning (PjBL, Perkembangan Remaja

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan model project based learning (PjBL) di SMA Bina Insani Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilakukan dalam satu siklus terdiri atas satu pertemuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Mipa 1 semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022 SMA Bina Insani Bogor dengan jumlah 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar pada siklus I. Peningkatan keaktifan siswa terjadi karena dalam pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning siswa aktif dengan berdiskusi masing-masing kelompok yang sudah dibagi untuk mengamati permasalahan pada perlembangan remaja yang terjadi di lingkungan sekitar siswa, menyusun dan menyelesaikan tugas proyek bersama kelompoknya, mempresentasikan hasil diskusi serta menuliskan hasil diskusi kelompok di Buku Impian. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengamati permasalahan remaja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggriani, F., Wijayati, N., Susatyo, E. B., & Kharomah, K. (2019). Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2404–2413.

Gilis, N. I., & Winarta, I. K. A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based Learning Bermuatan Reflektif Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal Of Education Technology, 3(4), 286–292.

Hikmah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, 27–38.

Masruroh, L., & Ilahiyah, I. I. (2020). Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Untuk Meningkatkan Karakter Ecoliteracy Mahasiswa. Sainsteknopak, 4(1).

Sudaryati, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas Vi Sdn Gumelar 03 Balung. Pancaran Pendidikan, 5(3), 71–80.

Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi Model Pjbl Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Bio Educatio:(The Journal Of Science And Biology Education), 4(2), 70–76.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Puji Utami, R. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4308