PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REBT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP HEDONISME SISWA KELAS XI MIA 1 PUTRI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.5695Kata Kunci:
Hedonisme, Konseling Kelompok, Pendekatan REBTAbstrak
Adanya sekolah yang ditengah kota berdekatan dengan dunia bebas menjadikan tingkat hedonisme tinggi. Sehingga rumusan masalah adakah pengaruh penggunaan pendekatan rebt dalam konseling kelompok terhadap hedonisme peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan pendekatan rebt dalam konseling kelompok terhadap hedonisme siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Dalam Penelitian memakai pendekatan kuantitatif pra-eksperimental dengan bentuk one grup pre-test post-test design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 1 PUTRI SMAM X Surabaya, dengan sampel 8 siswa kelas XI yang mempunyai tingkat Hedonisme tinggi. Sampel yang diambil dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan Metode pengumpulan data Skala hedonisme. Cara analisis data digunakan dengan analisis statistik non parametrik menggunakan Uji Wilcoxon. Tingkat hedonisme siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt berada kategori tinggi dengan rata-rata skor 85 kemudian setelah diberi perlakuan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt berada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 64. Hasil intepretasi menggunakan uji wilcoxon dapat diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,012. Dimana nilai 0,012 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt terhadap hedonisme siswa kelas XI MIA 1 Putri SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.
Unduhan
Referensi
Prayitno, & Amti, E. (2012). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi ke-10). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sidik, U. (2016). Fujhosi, Hedonisme, dan Mentalitas Pelajar (Cetakan Pe). kementrian pendidikan dan kebudayaan balai bahasa DIY.
Fitri, Q., Mahmud, A., & Saman, A. (2019). Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makassar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.3453
Makin, C. sari. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Smp It Masjid Syuhadak Yogyakarta. 3(1), 155–161.
Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di Kota Malang. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 8(1998), 528–596.
Putri, A. dan E. R. (2018). The Relationship Between Online Buying Behaviour And Hedonis Lifestyle In Faculty Of Psychology Students At Sultan Agung Islamic. 13(1), 35–46.
Safitri, A. D. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap perilaku Agresif pada Remaja. Psikoborneo, 6(3), 327–333. https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2018/12/JURNAL AULIYA (12-03-18-10-53-51).pdf
Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1), 120–132. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 aulia sabrina ayu nevanda, Mudhar Mudhar, Elia Firda Mufidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.