Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Etika Berbicara Siswa

Penulis

  • Rusviani Alfaria Christin Universitas Palangkaraya
  • Oktamia Karuniaty Sangalang Universitas Palangkaraya
  • Herda Fitri Br Ginting Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.15157

Kata Kunci:

Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Etika Berbicara

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman etika berbicara dengan diberikannya Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain “one group pretest-postest design”, Sampel pada penelitian dari  kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Palangka Raya yang berjumlah 6 siswa sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil deskriptif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, presentase rata-rata pemahaman tentang etika berbicara sebesar 34,16%. Hasil deskriptif pemahaman tentang etika berbicara  rendah, sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, persentase rata-rata sebesar  42,83%  masuk dalam klasifikasi tinggi.  Diketahui t hitung -14.100 > t tabel -4,032 dengan menggunakan uji paired sampel t test. Maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.  Hal ini menunjukan bahwa “layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman tentang etika berbicara siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Palangka Raya”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustiono Jauhari & Bagus Amirullah. (2022). Teknik Sosiodrama Dalam Membentuk Etika Berbicara Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Batukerbuy 3 Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Konseling Pendidikan Islamslam, 3(2), 406–412.

Erlangga, E. (2018). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Fadlia. W.T. Ali. (2022). Peningkatan Etika Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Palu.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.235

Maliya, N. (2018). Penerapan Pendekatan Behavioral Melalui Konseling Individual Untuk Meningkatkan Etika Berbicara Siswa Kelas VII Mts Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. x+60.

Oktavia, I. N., & Nursalim, M. (2017). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa Kelas Xi Tata Busana Di Smk Daruttaqwa Gresik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–11.

Priambudi, G. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Etika Berbicara Siswa Deengan Guru Sekolah SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021. 4(1), 6.

Rahayu, V. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Melalui Teknik Modelling Simbolik Terhadap Etika Komunikasi Siswa Kelas Xi TKJ SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2018/2019. 5–10.

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Bimbingan Konseling, 2(2), 80–85.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. In Ke-26.

Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

06-09-2024

Cara Mengutip

Alfaria Christin, R., Karuniaty Sangalang, O., & Br Ginting, H. F. (2024). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Etika Berbicara Siswa . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 53–59. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.15157