Hambatan Guru BK Dalam Mengembangkan Rencana Pemberian Layanan BK (RPLBK) Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15588Kata Kunci:
Guru BK, RPLBK BerdiferensiasiAbstrak
Guru BK diharapkan mampu menyusun dan mengembangkan RPLBK sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa (berdiferensiasi) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru BK dalam mengembangkan RPLBK berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Sebanyak 31 guru BK dari 11 SMP di Kota Palangka Raya mengisi angket, dan wawancara dilakukan dengan ketua PD-ABKIN Kal-Teng serta ketua MGBK Kal-Teng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru BK belum memahami dan melaksanakan RPLBK berdiferensiasi. Hal ini terjadi karena keterampilan guru dalam menggunakan teknologi yang masih rendah, kurangnya dukungan dari pemangku kepentingan, serta tidak adanya regulasi yang jelas terkait penggunaan RPLBK berdiferensiasi. Selain itu, minimnya apresiasi dan dukungan dana juga menjadi faktor penghambat. Oleh karena itu, pemangku kepentingan perlu membuat regulasi yang mendorong peningkatan kemampuan guru BK dalam merancang RPLBK berdiferensiasi, serta menyediakan pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan pemahaman dalam penyusunan RPLBK berdiferensiasi.
Unduhan
Referensi
Afiffah, A. D. (2023). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sma N 1 Raman Utara. Pandu, 1(4), 210–218. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i4.652
Ajahari, A., Puspita, P., Asmawati, A., Misbah, M., Arifin, A., Hanafiyah, H., & Handayani, S. (2022). Implementasi Standar Pengelolaan Penelitian: Studi Kasus Di Iain Palangka Raya. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 5(1), 11–28. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v5i01.5622
Andriani, R., & Oktasari, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–41. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3229
Azis, A. C. K. (2023). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. J. Pena Anda, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202
Cahyawulan, W., Badrujaman, A., Fitriyani, H., Mamesah, M., Wahyuni, E., & Djunaedi, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Teknologi dan Informasi Guru Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 195–199. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.76
Cahyono, T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125–134.
Fatimah, B. A. N., Handaka, I. B., & Utomo, N. B. (2022). Konseptual Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini. Teraputik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 117–126. https://doi.org/10.26539/teraputik.611078
Friska, G. (2023). The Effect of Profitability, Liquidity, Leverage, Sales Growth on Financial Distress in Consumer and Non-Consumer Cyclicals Companies Listed on the Idx During the 2019-2021. Journal of Entrepreneurship, 93–106. https://doi.org/10.56943/joe.v2i3.355
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Erviana, V. Y. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Isti’adah, feida noorlaila, Arumsari, C., Imaddudin, A., Sugara, gian sugana, Nugraha, A., & Sulitiana, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Online. Seminar Nasional Universitas Muhamadiyah Purwokerto, 978(66), 24.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling.
Kemendikbudristek. (2021). Merdeka Belajar | BKHM | KEMDIKBUD. Kemendikbudristek.
https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_15/web
Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23–42.
Kusmini, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Bimbingan Konseling Dalam Memberikan Bimbingan Melalui Pemantauan Kerja Mingguan. Syntax Idea, 5(12), 2277–2285. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i12.2776
Lasisi, A. K. (2024). The Role of Guidance and Counselling Services in Addressing Indiscipline Among Secondary School Students in Nigeria. Journal of Educational Management and Instruction (Jemin), 3(2), 86–94. https://doi.org/10.22515/jemin.v3i2.8425
Mahdiannur, M. A., Erman, E., Martini, M., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Eksplorasi Pengetahuan Guru Ipa SMP Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka : Pengukuran Berdasarkan Complex Multiple-Choice Survey. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 295. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1812
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 62–73.
Mutlu, H. H. (2018). Ana Dili Eğitimi Dergisinde Yayınlanan Araştırmaların Eğilimleri: İçerik Analizi. Ana Dili Eğitimi Dergisi, 6(4), 1196–1209. https://doi.org/10.16916/aded.450275
Myers, J. E., & Gibson, D. M. (1999). Technology Competence of Counselor Educators.
Nasir, M. (2017). Analisis Persepsi Dan Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris Fisika Iain Palangka Raya Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Matriks Laboratory (Matlab). Kappa Journal, Vol 1, No 2 (2017): KAPPA JOURNAL, 45–51. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/Nasir
Purnawati, P., Fatmawati, A., Safnowandi, S., & Murdiyah, S. (2020). Penerapan Asesmen Kinerja Pada Kegiatan Praktikum Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.603
Qiptiah, M. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Dan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Dalam Kondisi Pendidikan Indonesia Saat INI. https://doi.org/10.31237/osf.io/z4x2u
Qodir, A. (2021). Metodologi penelitian kualitatif aplikasi dalam pendidikan. Parama Ilmu.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rahman, K. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif Dalam Kebijakan Sekolah. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1815–1823. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.3954
Resti, D. S. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Dalam Meningkatkan Ketercapaian Tugas Perkembangan Peserta Didik Sma. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 7(02), 95–103. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p95-103
Safitri, S. A. (2023). Hambatan-Hambatan Dalam Proses Adaptasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka (Studi Pada Guru Sma Negeri 1 Semarang). Solidarity, 12(2), 335–347. https://doi.org/10.15294/solidarity.v12i2.76723
Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2020). Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Kabupaten Barru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 29–35. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/15811
Siregar, K. Z. B., & Marjo, H. K. (2022). Transisi Kurikulum Di Indonesia: Apa Dampaknya Bagi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling? Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 199–206. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i2.22908
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Sun, S. (2024). The Impact of International Students’ Social Media Use on Their Intercultural Adaptation: Insights From in-Depth Interviews. SHS Web of Conferences, 185, 2002. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418502002
Suryadi, A., & Husna, S. (2022). Asesmen Diagnostik Makro Persiapan Penerapan Kurikulum Merdeka MTsN 28 Jakarta. Jentre, 3(2), 74–89. https://doi.org/10.38075/jen.v3i2.273
Suryani, A., Muchtar, A. D., Lisa, & Elihami. (2022). Pelatihan Assesmen Teknik Non Tes Bagi Guru BK SMP Se-Kabupaten Enrekang. Maspul Journal Of Community Emprowerment, 4, 436–443.
Tomlinson, C. A. (2022). Everybody’s classroom: Differentiating for the shared and unique needs of diverse students. Teachers College Press.
Triyono, T., Dwi Febriani, R., Hidayat, H., & Nora Dwi Putri, B. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 2(1), 71. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v2i1.2829
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.
Wulandari, G. A. P. T. W. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi assemen diagnostic untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241–250.
Yanti, D. (2023). A Study of Human Resources Planning at a Private Madrasah School in Lampung. Kne Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i16.14061
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91.
Zakaria, N. (2024). Guidance and Counseling Management: A Scientific Approach to Improving Students’ Mental Health. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 84–95. https://doi.org/10.32806/jkpi.v5i1.130
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 pithriani pithriani, Dony Apriatama, Herda Fitri Br Ginting
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.